Edukasi Hidup Sehat Generasi Muda, Salman ITB Selenggarakan Olimpiade Halal

Olimpiade halal ITB 3

PERCIKANIMAN.ID – –  Guna menumbuhkan kesadaran dan kepedulian akan makanan halal dan segala hal yang sesuai dengan syariah, Pusat Halal Salman ITB bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan LPPOM MUI menyelenggarakan “Olimpiade Halal” tingkat Jawa Barat.

Menurut Ketua Pelaksana Inten Tejaasih menjelaskan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini dalam rangka mengedukasi masyarakat, khususnya pelajar tentang gaya hidup halal Inten menambahkan olimpiade yang mengusung tema “Halal Is My Life” ini diikuti 800 pelajar dari berbagai sekolah di Jawa Barat.

alquran muasir

“Target kita 1.000 pelajar namun melihat antusias peserta yang membludak ini kami cara cukup bangga akan kepedulian dan kesadaran generasi muda akan halal,”jelasnya kepada percikaniman.id di lokasi, Kamis (1/9/2016).

Ia juga menjelaskan para peserta yang dibagi dalam beberapa kelompok atau regu yang mewakili -sekolahannya diharuskan menjawab soal-soal seputar halal. Penyediaan soal sendiri disediakan oleh LPPOM MUI yang dikerjakan secara online.

“Kalau penilaian atau juri sendiri ada pada MUI  karena merekan juga yang menyediakan soal, materi, silabus semuanya dari sana,”imbuhnya.

kalender

Untuk wilayah Jabar Inten menjelaskan bahwa event “Olimpiade Halal” untuk kalangan pelajar yang pertama kali. Hal ini, sambungnya, sejalan dengan motto Provinsi Jabar sebagai provinsi halal pertama di Indonesia.

“Kita harap nantinya ada juga event serupa untuk ibu-ibu majelis taklim, guru-guru sekolah baik tingkat PAUD hingga SMU. Ini penting karena mereka yang terlibat langsung menyediakan makanan kepada keluarga sehingga ketika para ibu mempunyai kesadaran dan pengetahuan tentang halal maka edukasi dan sosialisasi ini semakin massif,”harapnya.

Olimpiade halal ITB 2

Sebagai apresiasi kepada para juara pihak panitia menyediakan tropi, piagam dan uang tunai senilai total Rp.15 juta. Selain itu para juara juga akan mewakili Jabar untuk event nasional. Inten berharap agar para peserta ini benar-benar mengaplikasikan ilmu tentang halalnya di kehidupan sehari-hari.

“Sebagaimana tema yang kita usung “Halal Is My Life”, kita harap para pelajar khususnya peserta olimpiade halal ini bisa menjadi duta halal di sekolah, keluarga dan lingkungannya. Mereka bisa memahami makna halal dan mengaplikasikannya dalam kehidupannya sehari-hari. Ditengah arus gaya hidup hedonis kami berharap upaya ini menjadi salah satu benteng bagi mereka,” tukasnya.

 

Pihaknya berharap ada dukungan berkesinambungan dari berbagai pihak sehingga event ini menjadi agenda rutin dan dapat diselenggarakan diberbagai daerah Jawa Barat sebagai media edukasi dan sosialisasi gaya hidup sehat dan halal bagi masyarakat. [ ]

 

Rep: iman

Editor: candra

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment