Perempuan Shalat Tanpa Pakaian Dalam, Apa Hukumnya?

mukena hijab

Ustadz, apa hukumnya bagi seorang wanita ketika shalat tidak menggunakan baju apa-apa lagi atau tanpa pakaian dalam , dan hanya menggunakan mukena saja? 

 

Menurut pendapat saya, kalau perempuan itu shalatnya di rumah tidak menjadi masalah.  Banyak para wanita yang shalat tidak menggunakan lagi pakaian atau baju tambahan dan hanya cukup menggunakan mukena saja.

alquran muasir

Selama mukena tersebut menutupi aurat dengan sempurna tentu tidak menjadi masalah.  Hal ini merujuk pada salah satu hadits ; “ Laa Yaqbalullahu Shalata Ha Idhin Illa Bihikmarin ” (Allah tidak menerima shalat wanita yang telah haid kecuali dia berkerudung) ” (H.R Lima Imam Hadits Kecuali An-Nasa’i)

Jadi, seorang wanita ketika shalat wajib tertutup auratnya, karena menutup aurat merupakan salah satu syarat sah shalat.

Bila ada seorang wanita sehabis mandi kemudian langsung memakai mukena tanpa dilapis pakaian dalam  lagi atau tidak pakai apa-apa lagi, dan melaksanakan shalat. Selama mukena tersebut menutup aurat, tidak menjadi masalah. Tetapi tentu ini kasusnya untuk perempuan yang shalatnya di rumah, bukan di mesjid.

kalender

Bicara tentang menutup aurat, sebenarnya  tidak terbatas pada mukena.  Bila seorang perempuan pakaiannya sudah menutup auratnya secara sempurna, maka ia tidak perlu lagi memakai mukena.   Sempurna itu misalnya…….

[AdSense-A]

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment