Menceraikan Istri Lewat Internet, Sah atau Tidak?

internet, email

Pak Ustad, saat ini, teknologi internet sudah menjadi bagian dari hidup kita. Mungkin saja suatu saat nanti, internet bisa dijadikan sarana untuk menceraikan istri, lewat e-mail misalnya. Nah, bagaimana kalau hal ini terjadi? Apakah sah perceraiannya?

 


Apa yang Anda tanyakan memang pernah terjadi. Kasus tersebut pernah dikabarkan dalam koran The Jakarta Post  dengan judul Is It Time for Diforce by E-mail? Pada harian tersebut disebutkan bahwa seorang pria warga negara Amerika keturunan Arab mengirimkan e-mail pada istrinya, warga negara Saudi, yang menyatakan dia menceraikannya. Pria itu juga memberitahukan bahwa dirinya telah menikah lagi. Saat ini, pengadilan Dubai sedang memproses perceraian tersebut.

alquran muasir

Persoalannya, apakah perceraian itu sah? Pernyataan cerai itu sah apabila dinyatakan oleh suami tanpa emosi, tapi penuh kesadaran dan tanpa paksaan siapa pun. Adapun masalah media, apa pun bisa dipakai, yang penting pernyataan talak suami itu dipastikan sampai pada istri.

Ditinjau dari segi aspeknya, e-mail statusnya hanyalah sebuah media, tidak berbeda dengan surat biasa. Kalau menceraikan istri bisa sah lewat surat, tentu menggunakan e-mail pun hukumnya tidak berbeda. Ini barangkali yang menjadi alasan mengapa pengadilan di Dubai menetapkan sah perceraian tersebut, sebagaimana dikutip The Gulf News.

Kesimpulannya, cerai lewat e-mail hukumnya sah apabila dilakukan suami dengan penuh kesadaran, tanpa emosi, dan tanpa paksaan siapa pun. Wallahu A’lam.

kalender

*  Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email aam@percikaniman.org atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah