Mulai Tahun Ini, Jemaah Haji Wajib Pakai Gelang Elektronik

gelang haji

PERCIKANIMAN.ID- Pelaksanaan ibadah haji pada tahun 1437 Hijriah ini diharapkan lebih aman, nyaman dan lancar bagi para jemaah. Salah satu upaya yang dilakukan  Pemerintah Arab Saudi untuk mewujudkannya adalah dengan kewajiban penggunaan gelang elektronik.

Gelang elektronik ini berwarna putih dan baru diperkenalkan tahun ini. Pihak pemerintah Arab Saudi mewajibkan jemaah calon haji dari seluruh dunia untuk mengenakan gelang ini demi alasan keamanan dan keselamatan selama beribadah.

alquran muasir

Penggunaan gelang khusus ini merupakan salah satu upaya antisipasi menyusul insiden maut dalam prosesi lempar jumroh tahun lalu. Tercatat korban ratusan jemaah meninggal dari berbagai negara akibat berdesak-desakan. Indonesia pun sangat berkepentingan dengan penggunaan gelang ini karena kontingen jemaah haji Indonesia jumlahnya sangat banyak.

Ada banyak keistimewaan dari gelang elektronika ini. Salah satunya adalah mempercepat identifikasi jemaah haji. Data dari gelang ini dapat dibaca secara otomatis dan diakses pihak berwenang secara elektronik, serta meningkatkan kinerja pelayanan. Dengan gelang itu pula, informasi menjadi transparan dan memudahkan banyak pihak.

[irp posts=”11907" name=”Jemaah Haji Diimbau Hindari Unta Selama di Tanah Suci”]

kalender

Menurut laporan sejumlah media, gelang itu akan berisi informasi pribadi dan kesehatan jemaah yang dapat mempercepat pelayanan terhadap jamaah. Gelang yang anti air itu juga disebut terhubung dengan GPS sehingga mempermudah pelacakan jemaah tersesat.

Jauh sebelum gelang elektronik, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan gelang khusus bagi jemaah haji Indonesia. Gelang yang terbuat dari logam itu berisi nama, nomor paspor, embarkasi, asal negara serta simbol Merah Putih serta Garuda Pancasila. Selain gelang identitas, jemaah haji Indonesia juga diberikan gelang rekam kesehatan jemaah dengan resiko kesehatan tinggi.

Gelang warna merah dipakai jemaah risiko tinggi yang memang punya penyakit serius dan segera ditangani. Gelang berwarna kuning dipakai jemaah haji resiko tinggi dengan riwayat penyakit gampang jatuh dan gelang warna hijau digunakan untuk jemaah haji risiko tinggi yang mempunyai penyakit ringan.

Sumber : Antara

[i[irp posts=”11934" name=”Tips Mengatasi Cuaca Panas saat Ibadah Haji”]p>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment