Agar Disayang Mertua, Lakukan 6 Hal Ini

PIC-MUSLIM-WOMAN-HUGGING

PERCIKANIMAN.ID – – Setiap rumah tangga pasti menginginkan dapat hidup bahagia dengan keluarga besarnya. Bagi suami atau istri tentunya ingin menjadi idaman bagi mertua, namun sering kali untuk mewujudkannya tidaklah mudah. Mungkin Anda dapat menyesuaikan diri dengan perbedaan yang ada di dalam hubungan pernikahan Anda, namun sangatlah sulit untuk Anda menyesuaikan diri terhadap perbedaan yang ada antara Anda dan mertua.

Dalam budaya kita, ketika kita menikah dengan seseorang baik pria ataupun wanita secara tidak langsung berarti kita juga menikah dengan keluarga terutama orang tua mereka artinya kita tidak hanya menerima pasangan kita sebagai pendamping hidup tetapi kita juga harus dapat menerima keluarga mereka apa adanya. Dalam hal ini ada beberapa tantangan yang dihadapi bagi seorang menantu untuk menjaga serta menjalin hubungan yang akrab dengan mertuanya.

alquran muasir

Hubungan mertua dan menantu seringkali diwarnai konflik, baik kecil maupun besar. Tidak heran bila banyak menantu perempuan yang memilih hidup menjauh dari mertua, sebab kebanyakan mereka terganggu dengan aturan ibu mertua.  Sebenarnya, menjauh bukanlah solusi yang tepat sebab pada dasarnya tidak ada mertua yang ingin hidup anaknya sengsara.

Semua aturan dan juga keribetan yang diberikan mertua tentulah untuk kebaikan anak-anaknya. Sayangnya tidak banyak menantu yang menerima dengan hati lapang, ditambah lagi komporan dari orang-orang yang mungkin anti mertua. Kondisi tersebut yang membuat situasi semakin memanas dan hubungan mertua dan menantu ibarat air dan minyak yang tidak dapat dipersatukan.

Sebenarnya untuk menjadi menantu yang baik serta dicintai ibu mertua sangatlah mudah. Kenali dulu orangnya dengan baik, dan pahami, apa sih yang diinginkan mertua? Dihimpun dari perbagai sumber berikut ini beberapa hal yang diinginkan mertua anda:

kalender
  1. Dihormati

Keinginan untuk dihormati adalah sikap wajar yang dimiliki setiap manusia. Penghormatan disini tentunya adalah sikap hormat yang wajar sebagai sesama manusia, seperti anak kepada orangtua atau yang muda kepada yang lebih tua.   Begitu juga dalam rumah tangga dimana masih serumah dengan mertua maka anda harus menghormati dulu. Apalagi mertua yang sudah susah payah membesarkan suami atau istri Anda. Apapun yang dilakukan mertua, baik itu yang menyenangkan atau menyebalkan buat Anda, sebisa mungkin Anda harus bersabar dan tetap menghormatinya.

  1. Dicintai

Sebelum kehadiaran Anda, cinta suami atau istri pastilah sepenuhnya untuk orang tuanya. Tidak heran bila ada sebagian mertua yang merasa cemburu dengan kehadiran menantu. Untuk mengatasinya, tunjukkan bahwa Anda tidak merampas cinta anaknya, justru Anda juga sama-sama mencintai mertua sebagaimana suami Anda mencintainya.

  1. Ingin anaknya dicintai

Ada orang tua yang khawatir “kehilangan” anaknya karena menikah. Mereka khawatir anaknya dinikahi menantunya bukan atas dasar cinta sepenuhnya melainkan hal lain seperti karena cantik semata, kaya dan sebagainya. Begitupun dengan mertua Anda, sebab itu tunjukkan padanya bahwa putra atau putrinya akan selalu mendapatkan tempat istimewa di hati Anda.

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment