Tahun Ini Raja Salman Undang 1.400 Jamaah Naik Haji Gratis

haji

PERCIKANIMAN.ID – Raja Salman sebagai penjaga dua kota suci yakni Makkah dan Madinah pada tahun ini mengundang 1.400 umat Islam dari 60 negara di Asia, Afrika dan Eropa untuk melaksanakan ibadah haji.

Seperti dilansir dari Arabnews.com, Senin (29/8/2016), keputusan itu diumumkan pada  hari Minggu (28/8/2016) kemarin oleh Sheikh Saleh bin Abdulaziz bin Mohammed Al Al-Sheikh, yang menjabat sebagai Menteri Urusan Panggilan dan Bimbingan Islam serta penanggung jawab penyelenggara urusan tamu undangan haji Kerajaan Arab Saudi.

alquran muasir

Tercatat hingga saat ini sebanyak 24.000 orang telah mengikuti program haji gratis yang diselenggarakan Pemerintah Arab Saudi. Jamaah haji melalui jalur undangan kerajaan tidak termasuk dalam hitungan kuota yang diberikan kepada negara-negara Islam, dengan rumus 1 orang per seribu penduduk muslim suatu negara, sebagaimana hasil kesepakatan organisasi kerjasama Islam, dulu organisasi konferensi Islam (OKI). Indonesia sendiri sejatinya mendapat jatah sekira 211 ribu jamaah haji.

Namun, karena proses perluasan Masjidil Haram masih berlangsung, maka jatah ini dikurangi sebanyak 20 persen. Pemerintah Arab Saudi tahun ini memberikan kuota sebanyak 168. 800 calon jamaah haji dari Indonesia dengan rincian 155.200 jamaah reguler dan 13.600 jamaah haji khusus.

Sumber : Arabnews, Okezone

kalender
FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment