Bangkitkan Semangatkan Usaha, Pemuda Persis Lounching BUMJ

BUMJ Pemuda Persis

PERCIKANIMAN.ID – – Untuk menggerakkan potensi ekonomi dan menumbuhkan semangat berwirausaha (entrepreneur) dikalangan ummat Islam belum lama ini Pemuda Persatuan Islam (Pemuda Persis) meluncurkan program yang diberi nama Badan Usaha Milik Jam’iyah (BUMJ).

“Program ini merupakan salah satu ikhtiar dalam membangun sekaligus memperbaiki ekonomi Ummat Islam khususnya dalam lingkup jam’iyyah Persis,”terang Ketua Litbang Tim Ekonomi PP Pemuda Persis, Edwin Khadafi kepada percikaniman.id di Bandung akhir pekan lalu, (27/8/2016)

alquran muasir

Menurut Edwin, potensi dan peluang Umat Islam dalam bidang ekonomi sebenarnya sangat terbuka luas mengingat hingga saat ini pelaku ekonomi secara nyata masih dikuasai oleh kalangan nonmuslim. Sementara pangsa pasar muslim sendiri masih besar dan luas, namun selama ini hanya dijadikan sebagai obyek ekonomi (konsumen) saja.

Untuk itu pihaknya awal bulan Agustus 2016 ini telah melounching program BUMJ sebagai langkah awal dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan mengambil nama “BUMJ Karya Pemuda”. Untuk tahap awal menurut Edwin program tersebut akan berfokus pada penggalan dana usaha.

“Target kita setidaknya hingga akhir tahun ini akan terkumpul dana Rp. 1 milyar yang kita himpun dari jamaah khususnya yang ada di Kota Bandung,” Edwin yang ditunjuk sebagai Direktur BUMJ Karya Pemuda ini.

kalender

Sementara untuk memulai usaha akan dilakukan pada 2017 nanti dengan mencoba fokus pada usaha kuliner dan percetakan. Ia menjelaskan dipilihnya bidang kuliner atau makanan (food) karena hingga saat ini potensi pasar khususnya ummat Islam masih luas. Sementara produk-produk yang tersedia dipasaran masih banyak yang mengabaikan unsure atau kaidah kehalalannya.

“Usaha ini juga kita maksudkan sebagai media edukasi dalam halal haram atas apa yang kita konsumsi. Kita jangan hanya menyalahkan kondisi pasar yang masih minim makanan halal dan thayyib sementara kita enggal melakukannya,” ujar pemilik kuliner di Bandung dan Cimahi ini

Sementara dipilihnya bidang percetakan menurut Edwin meski industri percetakan secara umum mengalami kelesuan namun masih terbukan lebar untuk percetakan sebagai kemasan produk termasuk design grafisnya.

“Kita sudah coba riset kecil-kecilan dan memetakan potensi serta peluang pasar yang ada dan percetakan ini masih prospek,”ujarnya.

Direktur BUMJ Karya Pemuda, Edwin Khadafi
Direktur BUMJ Karya Pemuda, Edwin Khadafi

Edwin juga menjelaskan bahwa program BUMJ ini tidak berbenturan dengan program ekonomi yang telah dan sedang dijalankan bidang ekonomi Pengurus Pusat Persis (PP Persis). Sebab,sambungnya hal ini telah di komunikasikan dengan organisasi induk (orangtua) yang secara prinsip telah mendukungnya.

“Alhamdulillah orangtua kami (PP Persis) sangat mendukung program yang akan kami gulirkan ini dan siap bersinergi. Untuk sementara kami akan fokus menggarap potensi jam’iyyah yang di Kota Bandung dulu kemudian akan bisa kita gulirkan di seluruh daerah seluruh Indonesia. Intinya kita mengajak ummat Islam khususnya para pemuda untuk merebut potensi dan peluang usaha ”ajaknya.

Sementara terkait SDM, Edwin percaya ummat Islam itu tidak kalah unggul dan kredibel dengan yang lainnya. Untuk mewujudkan hal tersebut pihaknya juga telah melakukan konsultasi sekaligus mentoring dari beberapa pengusaha nasional yang telah sukses.

“Alhamdulillah mereka sangat mensupport dan mendukung. Hal ini dibuktikan dengan kesediaan mereka menjadi trainer sekaligus mentor dalam menjalankan usaha nantinya,”pungkasnya. [ ]

 

Rep: iman

Editor: candra

Foto: istimewa

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment