Jangan Sepelekan Berbuat Kebaikan, Inilah Keutamaan Menanam Pohon

307

PERCIKANIMAN.ID – – Masih banyak orang khususnya ummat Islam yang menyepelekan berbuat kebaikan karena dianggap hanya perbuatan kecil dan tak berdampak banyak bagi orang lain. Padahal jika mengetahui hakikat dan hikmah serta keutamaannya maka pasti akan berlomba-lomba mengerjakannya. Sebagai salah satu contoh adalah menanam pohon.

Bagi sebagian orang amalan ini dianggap sangat sepele kecuali pohon tersebut bermanfaat baik buah dan kayunya bagi dirinya saja. Padahal menanam pohon sama dengan bersedekah yang bisa jadi pahalanya akan mengalir sepanjang pohon tersebut hidup. Hal ini bisa kita pahami dari hadis Rasulullah Saw yang bersabda:

alquran muasir

Barang siapa menanam tanaman dan tidak memakan darinya manusia juga tidak pula makhluk dari ciptaan Allah, kecuali baginya (bernilai,-pent) sedekah. (Riwayat Ahmad dan dihasankan oleh Al Hafidz As Suyuthi)

Dari hadits di atas diketahui bahwa siapa saja yang menanam tanaman, meski tidak ada yang mengkonsumsi hasilnya, maka hal itu bernilai sedekah baginya meski pelakunya tidak menyengajakan akan hal itu akan tidak pula mengetahuinya. Hadits tersebut juga merupakan pujian bagi siapa saja yang memakmurkan bumi ini. (lihat, Faidh Al Qadir, 6/184).

Dengan demikian dapat kita bayangkan betapa besar sedekah orang-orang yang menanam banyak pohon dengan umur pohon yang mencapai hingga ratusan tahun. Sementara pohon tersebut dari buahnya saja dirasakan manfaatnya oleh manusia atau binatang lainnya. Untuk itu jangan ragu dan menunda berbuat kebaikan meski hanya sekedar melempar sebiji pohon. Wallahu’alam. [ ]

kalender

 

Red: abu laqif ramadhan

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

 

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment