Pakaian Renang “Burkini” Dilarang, Dua “Bikers” Ini Gelar Aksi Solidaritas

motokini

PERCIKANIMAN.ID –  Dua pria asal Prancis sengaja mengenakan pakaian bikers lengkap dan tiduran di sebuah pantai bersama pengunjung lainnya yang berbusana bikini. Aksi dua pria ini sebagai bentuk solidaritas atas larangan perempuan Muslim mengenakan “burkini” atau pakaian renang syar’i  di beberapa lokasi di Perancis.

Mereka menyebut aksi berpakaian bikers ini sebagai #motokini. Kini mereka sedang menunggu respons dari kepolisian atas aksi di tengah keramaian pantai ini.

alquran muasir

Burkini adalah istilah untuk pakaian renang perempuan Muslim yang populer di Perancis. Belum lama ini, beberapa tempat wisata di Perancis, khususnya pantai, melarang perempuan Muslim mengenakan burkini.

Sejumlah insiden terjadi di Perancis terkait larangan bagi perempuan Muslim mengenakan burkini di pantai. Pelarangan ini juga memicu kecaman internasional.

Awal pekan ini, serangkaian foto memperlihatkan polisi Perancis bersenjata lengkap memaksa seorang perempuan Muslim melepaskan burkini  yang dikenakannya di pantai.

kalender

Perempuan yang sedang bersantai di pantai kota Nice itu dihampiri dua orang polisi yang kemudian memaksa dia  membuka tutup kepala berwarna biru yang dikenakannya.

Sedangkan sebuah video memperlihatkan seorang perempuan yang mengenakan burkini berjalan di pantai. Dia kemudian dicegat polisi yang menanyai dia soal pilihannya mengenakan burkini.

Pemerintah kota Nice, Perancis menerbitkan larangan mengenakan burkini dan pelanggarnya akan dijatuhi hukuman denda. Larangan ini diterbitkan pemerintah kota Nice karena menganggap pakaian renang Muslim itu memiliki kaitan dengan agama seseorang dan dianggap mengganggu keamanan.

Setelah kota Nice memberlakukan larangan ini, beberapa kota lain di pesisir Laut Tengah dan Samudera Atlantik kemudian menerbitkan larangan serupa.

Sumber : Swedish Muslims Dakwah

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment