Angan-angan Bani Israil (Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 94-96) Bag 2

israel

Oleh : Dr. H. Aam Amiruddin, M.Si

“Dan sungguh kamu akan mendapati mereka, manusia yang paling loba kepada kehidupan (di dunia), bahkan (lebih loba lagi) dari orang-orang musyrik. Masing-masing mereka ingin agar diberi umur seribu tahun, padahal umur panjang itu sekali-kali tidak akan menjauhkannya daripada siksa. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 96)

alquran muasir

Sungguh bertolak belakang yang dikatakan oleh kaum Yahudi dan Nasrani dengan keadaan yang sesugguhnya. Di lidah, mereka dengan percaya diri mengatakan tidak takut mati karena menganggap diri sudah dipastikan masuk surga. Namun pada kenyataannya, mereka sama sekali enggan bersentuhan dengan kematian.

Bahkan kalau bisa, mereka ingin seribu tahun lagi hidup di dunia ini. Bagi mereka, umur panjang adalah untuk menikmati keindahan dunia lebih lama dan tidak ada kaitannya dengan perbaikan iman dan peningkatan kualitas amal. Mereka tidak menyadari bahwa umur panjang yang mereka angan-angankan tidak akan membantu mereka lepas dari azab Allah yang sangat pedih.

Dalam Islam, panjang pendeknya umur bukan jaminan hidup semakin berkualitas. Kualitas hidup ditentukan dari bagaimana yang bersangkutan mampu mengatur setiap waktunya untuk menambah bekal yang hendak dibawa pergi menuju tempat kembali (akhirat). Mari kita cermati sabda Rasul Saw. berikut ini. Dari Abdullah bin Busr, seorang badui bertanya: “Wahai Rasulullah, siapa orang terbaik itu?” Rasulullah Saw. menjawab: “Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya.” (H.R. Tirmidzi)

kalender

Jadi, orang beriman hendaknya tidak usah takut akan datangnya kematian sebagaimana kaum Yahudi dan Nasrani. Yakinlah bahwa usaha maksimal kita dalam menjauhkan diri dari larangan-Nya dan mendekatkan diri pada perintah-Nya akan berbuah surga di akhirat kelak. Amin. Wallahu a’lam.

[irp posts=”472" name=”Watak Pembangkang Bani Israil (Tafsir Surat Al-Baqarah [2] 49-52)”]

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment