Ingin Taubat Diterima? Penuhi Syarat-syarat Ini

berdoa, taubat

DI ANTARA  kita tidak ada yang luput dari dosa kesalahan. Kita masih beruntung bila tersadar bahwa kita telah banyak berbuat dosa, kemudian bertaubat dan telah meninggalkan dosa tersebut. Namun terkadang ada saja terlintas dalam pikiran, apakah Allah akan menerima taubat kita?

Dalam tulisan ini, saya akan jelaskan secara singkat bagaimana caranya agar taubat kita diterima Allah Swt.  Tulisan ini menjawab pertanyaan salah seorang penanya yang masuk melalui email saya. Mudah-mudahan dapat menjawab apa yang ditanyakan.

Di dunia ini tidak ada manusia yang steril dari dosa, artinya semua orang pernah berbuat dosa, yang berbeda adalah kadar dosanya, ada yang berbuat dosa kecil dan ada juga yang berbuat dosa besar.

Allah Swt. Maha Pengampun, Maha Penyayang, dan Maha Penerima Taubat. Sebesar apa pun dosa dan kesalahan hamba-Nya,Allah pasti akan menerima taubatnya selama taubat itu dilakukan dengan sungguh-sungguh. Perhatikan firman Allah berikut ini.

Hai, orang-orang beriman! Bertaubatlah kepada Allah dengan tobat yang sungguh-sungguh. Mudah-mudahan Tuhan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya…” (Q.S. At-Taĥrīm [66]: 8)

Yang dimaksud dengan kalimat Bertaubatlah kepada Allah dengan taubat semurni-murninya dalam ayat di atas adalah taubat yang sungguh-sungguh. Bagaimana cara taubat yang sungguh-sungguh itu? Ada tiga hal yang harus kita lakukan kalau ingin masuk kategori taubat nashuha (sungguh-sungguh), yaitu:

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 2,355 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment