Cara Kita Berbakti Kepada Ibu

orangtua

Oleh: Sasa Esa Agustiana*

 

Naluri ibu adalah melindungi dan mempertaruhkan nyawa untuk anak. Ini tergambar pada sosok Siti Hajar, ibunda Ismail a.s., yang berlari tak henti tujuh kali bolak-balik  antara Shafa dan Marwah demi mencari air kehidupan bagi bayi mungilnya. Begitu pula yang dilakukan ibu kita. Cobalah tengok album foto kita di masa kecil, roda kehidupan seolah diputar ulang, lembar demi lembar kenangan masa tergambar jelas, ibu mana yang tidak berjuang demi permata hatinya?

alquran muasir

Betapa trenyuh hati dengan linangan air mata haru dan bahagia. Kita dijaga dan didoakan penuh cinta kasih sejak dalam rahim ibu dan tak ketinggalan perjuangannya melahirkan sambil meregang nyawa. Tak heran jika Allah memerintahkan hambanya untuk berbakti pada orang tuanya, terutama ibu.

[AdSense-A]

Untuk itu betapa penting dan mulianya berbakti kepada orangtua khususnya ibu ini dapat kita simak dari hadis yang disampaikan oleh Abdullah Ibn Mas’ud r.a. berkata, Aku bertanya kepada Rasulullah saw., “Amal perbuatan apakah yang paling disukai Allah?” Rasulullah saw. menjawab, “ Shalat pada waktunya.”  Aku bertanya kembali, “Kemudian apa lagi?” Rasulullah saw. menjawab,  “Berbakti pada kedua orang tua.” Aku bertanya lagi, “Kemudian apa lagi?” Rasulullah saw. menjawab, “Berjihad di jalan Allah.” (H.R. Bukhari, Muslim, Turmudzi, Nasa’I, dan lain-lainnya)

kalender

Beberapa tuntunan yang lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Utamakan Ibu

Seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah saw., “Siapakah orang yang paling berhak kubaktikan diriku kepadanya?” Rasulullah saw. menjawab, “ Ibumu.” Ia bertanya kembali, “Kemudian siapa lagi?” Rasulullah saw. menjawab, “Ibumu.” Ia bertanya lagi, “Kemudian siapa lagi?” Rasulullah saw. menjawab, “Ibumu.”  Ia bertanya lagi, “Kemudian siapa lagi?” Rasulullah saw. menjawab, “ Ayahmu.” (H.R. Imam Bukhari dan Muslim)

  1. Bersikap sangat hormat pada orang tua

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataaan mulia. Dan  rendahkanlah  dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.’”  (Q.S. Al Israa’: 23-24)

3.      Bersyukur  pada orang tua

“Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada ibu bapaknya, ibunya  telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. Dan bersyukurlah kepadaKu dan ibu bapakmu. Hanya kepadaKulah tempat kembali.” (Q.S. Luqman: 14)

  1. Apabila perintahnya bertentangan dengan Allah swt. jangan dituruti, tapi tetap pergauli dengan baik

“Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku, sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan bergaullah dengan mereka di dunia dengan cara yang baik…” (Q.S. Luqman: 15)

[AdSense-A]

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment