Sejalan Ahli Kesehatan, Ini Diet Seimbang Sesuai Al-Qur’an

292

PERCIKANIMAN.ID – – Seperti kita ketahui, makan berlebihan berpotensi menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan dan ragam penyakit lainnya. Banyak penelitian telah mengungkapkan bahwa kebiasaan makan yang tidak terkendali bakal mengakibatkan diabetes, pembuluh darah, stroke, serangan jantung, dan lainnya.

Untuk mencegah hal tersebut para ahli kesehatan telah menyarankan agar orang melakukan diet atau pembatasan pola makan secara sembang. Promosi menjaga pola makan dengan nutrisi yang sehat ternyata dianjurkan telah oleh Allah SWT. Hal ini pun sudah diperjelas dalam Al-Qur’an. Berbagai ayat dan teks dalam Islam mempromosikan konsumsi makanan sehat bagi umat Muslim. Diet yang seimbang ini seperti dilansir dari Muslimhealthnetwork, ternyata sudah diterangkan dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

alquran muasir
  1. Tidak berlebihan saat makan atau minum

Tips ini juga sudah Allah peringatkan dalam Surat Thaha ayat 81 yang berbunyi,” Makanlah dari rezeki yang baik-baik yang telah Kami berikan kepadamu dan janganlah berlebihan (melampaui batas) yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu.”

  1. Makan yang sehat dan baik.

Mengkonsumsi yang sehat dan baik bisa kita artikan sebagai makan yang halal dan baik (halalan thayyiban). Pencegahan ragam penyakit dengan diet tersebut sudah Allah Swt menyatakan sesuai dengan dengan Al-Qur’an: “Sesungguhnya, Allah hanya mengharamkan bangkai, darah, daging babi, dan daging hewan yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah” (QS.Al-Baqarah:173). Allah telah menyediakan makanan halal dan thayyin tersebut dimuka bumi.  Allah SWT juga mewajibkan umat Muslim untuk mengonsumsi makanan halal dan sehat. Karenanya, cara ini merupakan kunci sukses hidup sehat. “Hai, manusia! Makanlah makanan yang halal dan baik yang terdapat di bumi serta jangan kamu mengikuti langkah-langkah setan “ (QS.Al-Baqarah:168).

  1. Makan dengan seimbang.

Makan seimbang adalah terpenuhinya unsur gizi dan nutria dalam tubuh. Selain itu makan seimbang bisa dengan mencontoh pola Rasulullah Saw yakni menyediakan sepertiga bagian perut untuk makanan, air dan udara. Diet dengan gizi seimbang juga harus diterapkan manusia untuk menjaga keseimbangan bahwa Allah telah menetapkan dalam segala hal, ini dibahas dalam Al-Quran ketika Allah berfirman: “Allah ciptakan keseimbangan ,agar kamu tidak merusak keseimbangan itu. Tegakkanlah keseimbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi keseimbangan itu”. (Ar-Rahman: 7-9).

kalender

Masih banyak pola diet seimbang yang dianjurkan ahli kesehatan yang sesuai dengan Al-Qur’an maupun Sunnah seperti puasa, mengurangi yang manis , tidak makan saat malam dan sebaginya. Dengan demikian apapun kemajuan teknologi dan riset manusia tidak ada yang bertentangan dengan Allah dan Rasulullah. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment