Haruskah Mengusap Wajah setelah Tahiyatul Akhir?

shalat

Ustadz, saya ingin bertanya. Bagaimana hukumnya mengusap muka setelah salat? Soalnya kata suami saya, tidak perlu mengusap muka setelah tahiyat akhir.

(Nia)

alquran muasir

Yang dikatakan oleh suami Anda itu benar. Sekiranya di wajah kita tidak ada yang menempel, tidak perlu diusap. Kalau dulu sujud itu di pasir, tidak menggunakan sajadah seperti sekarang.

Mesjid-mesjid tidak menggunakan keramik seperti sekarang. Jelas beda dengan dulu yang sujud langsung ke pasir sehingga menempel di dahi maka setelah tahiyat akhir diusaplah wajah kita.

Itu latar belakang kenapa ada mengucap wajah setelah salat . Alasannya, karena dulu mesjid tidak seperti sekarang, dulu lantainya saja pasir. Tidak seperti sekarang menggunakan keramik sehingga di dahi ada yang menempel maka diusap.

kalender

[irp posts=”11685" name=”Gerakan Sujud Dalam Shalat Mampu Cegah Jantung Koroner dan Stroke”]

Nah, kalau sekarang kita sudah menggunakan sajadah, mesjid sudah berlatai marmer, keramik, semuanya sudah bersih. Jadi betul kata suami Anda, kalau habis salat tidak perlu mengusap wajah. Langsung saja setelah mengucapkan salam dilanjutkan dzikir dengan diawali mengucapkan kalimat istigfar.

Setelah kita berdzikir, lalu kita berdoa. Biasakanlah dua sampai tiga menit kita berdoa kepada Allah. Akan lebih bagus kalau kita awali dengan membaca Asmaul Husna sebelum berdoa. Kita dapat berdoa apa saja kepada Allah.

[i[irp posts=”11575" name=”Ini Manfaat Gerakan Salam Saat Mengakhiri Shalat”]p>

Banyak sekali doa yang ada dalam Al-Qur’an dan Hadist Nabi, atau berdoalah dengan bahasa yang kita mengerti. Kalau kita tidak hapal doa-doa dalam bahasa Arab, kita tidak harus menggunakan bahasa Arab. Jadi, benar kata suami Anda bahwa tidak harus kita mengusap wajah setelah salat. Waallahu alam.

*  Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email aam@percikaniman.org atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment