Berjilbab, Bolehkah Berwudlu di Tempat Terbuka?

wudhu

Ustadz yang saya hormati.  Saya adalah seorang wanita berjilbab. Bagaimana cara melakukan wudlu kalau sedang berada di tempat wudlu yang terbuka? Apakah saya perlu membuka kerudung?  Terima kasih atas jawabannya …

 


Anda tidak perlu membuka kerudung. Usap saja kepala Anda sambil tetap berkerudung, begitu pula kaki Anda cukup diusap bagian atasnya dengan tetap berkaos kaki atau bersepatu.

alquran muasir

Hal ini merujuk pada keterangan berikut. Amr Ibnu Umayyah r.a. berkata, “Aku pernah melihat Rasulullah saw. mengusap sorban dan kedua sepatunya ketika wudlu.” (H.R. Bukhari,  Ahmad,  dan Ibnu Majah).

Keterangan ini menegaskan bahwa Nabi saw pernah mengusap sorbannya saat berwudlu.  Ini bisa dijadikan dalil bahwa  bagi wanita yang berwudlu di tempat terbuka agar terjaga auratnya, maka kerudung dan kaus kakinya tidak usah dibuka, tetapi cukup diusap. Wallahu A’lam.

 

*  Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email aam@percikaniman.org atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

kalender

[AdSense-A]

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment