Fanatisme Etnis (Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 91-93) Bag 1

alquran, tafsir,

Oleh : Dr. Aam Amiruddin, M.Si

“Dan apabila dikatakan kepada mereka, ‘Berimanlah kepada Al-Quran yang diturunkan Allah,’ mereka berkata, ‘Kami hanya beriman kepada apa yang diturunkan kepada kami.’ dan mereka kafir kepada Al-Quran yang diturunkan sesudahnya, sedang Al-Quran itu adalah (Kitab) yang hak; yang membenarkan apa yang ada pada mereka. Katakanlah, ‘Mengapa kamu dahulu membunuh nabi-nabi Allah jika benar kamu orang-orang yang beriman?’” (QS. Al-Baqarah [2]: 91)

alquran muasir

Dhahir-nya ayat ini ditujukan kepada orang-orang Yahudi dengan tujuan agar mereka menyadari betul apa yang telah mereka ketahui dalam kitab yang diturunkan kepada mereka. Bahkan, pengetahuan mereka akan kedatangan nabi terakhir, ciri-ciri fisik dari nabi tersebut, dan kemestian beriman kepada nabi terakhir sama seperti pengetahuan mereka kepada anak-anak mereka, sebegaimana dimuat dalam ayat berikut ini.

Orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah Kami beri Al-kitab (Taurat dan Injil) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Dan sesungguhnya sebagian di antara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 146)

Namun, egoisme kesukuan yang menghiasi hawa nafsu telah mengubah pandangan nurani yang sebenarnya. Kebenaran dibelokkan menjadi sebuah kesombongan. Karena Muhammad datang bukan dari kalangan mereka, kerasulannya pun ditolak mentah-mentah.

kalender

Ketika mereka diingatkan kembali untuk mengimani dan mengakui Muhammad sebagai Rasul terakhir, mereka menyatakan bahwa mereka hanya akan berpegang teguh pada kitab Taurat. Padahal di kitab Taurat itu sendiri disebutkan secara gamblang akan datangnya Nabi Muhammad Saw. Sungguh sebuah kebohongan yang nyata dan hujjah yang sangat lemah.

Al-Quran yang dibawa nabi Muhammad sendiri merupakan pembenar dan penguat akan kebenaran Taurat yang sama-sama sebagai wahyu Allah. Al-Quran merupakan bukti nyata akan keharusan para pengikut Taurat untuk kemudian mengalihkan keyakinan berikutnya kepada Al-Quran.

Bersambung….

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Komentar Artikel “Fanatisme Etnis (Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 91-93) Bag 1

  1. Muhammad

    Assalamualaikum.

    Maaf ust. Saya ingin bertanya, dari terjemahan ayat diatas saya memahami bahwa ayat tersebut ditujukan kepada kaum yahudi pada masa Nabi Muhammad SAw.

    Bukankah yang membunuh nabi-nabi adalah org2 yahudi yg terdahulu. Sedangkan orang2 yahudi masa Nabi Muhammad SAW tidak tahu apapun atas perbuatan moyang mereka dan seorang manusia tidak dibebani dosa turunan?

    Tapi kenapa di akhir ayat termuat pertanyaan “Mengapa kamu dahulu membunuh nabi-nabi Allah jika benar kamu orang-orang yang beriman?”

    Terimakasih.
    Wassalamualaikum.

Leave a Comment