Pakaian Terkena Jilatan Anjing, Haruskah Dicuci Tujuh Kali?

anjing

Pak Aam, kalau pakaian kita terkena anjing. Apa yang harus kita lakukan?

 

 

Pakaian yang terkena jilatan anjing sebenarnya cukup dibersihkan seperti najis biasa. Memang ada hadist yang mengatakan, apabila salah satu bejanamu terkena najis, dijilat anjing, maka hendaklah dicuci tujuh kali, yang pertamanya adalah dengan tanah.  Maksud bejana di sini misalnya ember atau ciduk, pokoknya bejana tempat air.

alquran muasir

Hadits lengkapnya : Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,”Sucinya bejana kamu yang dijilat anjing adalah dengan cara mencucinya sebanyak tujuh kali, dan yang pertama dengan tanah.” (H.R. Muslim (1/162)

[irp posts=”8101" name=”Bagaimana Hukum Memelihara Anjing di Rumah?”]

Yang harus dicuci tujuh kali di sini  kasusnya kalau benda tersebut adalah bejana. Tetapi, kalau yang dijilat itu pakaian, maka bersihkanlah seperti membersihkan najis biasa. Tidak ada bedanya seperti baju yang terkena air kencing. Tidak harus dicuci tujuh kali.

kalender

Hal ini pun (pencucian -red) dilakukan kalau Anda ingin menggunakannya sebagai alat/media untuk ibadah shalat. Namun, kalau kita tidak memakainya untuk shalat, tak dicuci pun tak apa-apa. Contoh, sepatu Anda dijilat anjing.  Sepatu ini tidak digunakan untuk shalat, maka tidak harus dicuci tujuh kali karena sepatu bukan bejana.

Jadi, pakaian seperti baju, sepatu, ataupun mobil, tidak perlu dicuci tujuh kali seperti halnya bejana. Bejana pun harus dicuci, kalau bejana itu  akan kita gunakan. Kalau tidak lagi dipakai, tentu tidak harus dicuci tujuh kali.

[i[irp posts=”5171" name=”Bersuci dengan Tissue, Bagaimana Hukumnya?”]p>

Misalkan, Anda membuang ember ke tempat sampah, lalu embernya dijilat anjing, ya tentu saja tidak perlu dicuci tujuh kali ember tersebut. Kan embernya sudah tidak terpakai. Jadi, saya tekankan yang harus dicuci tujuh kali itu, bejana yang akan kita gunakan.

Di luar itu, cara membersihkannya seperti kita membersihkan najis biasa misalkan air kencing dan sebagainya. Itu bahasan tentang bagaimana membersihkan najis. Dalilnya sudah saya sampaikan.  Wallahualam.

[irp[irp posts=”1855" name=”Bagaimanakah Jika Haid Keluar Lagi Setelah Mandi Suci?”]

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment