Dalil yang Tegaskan Laki-Laki Harus Shalat di Mesjid

shalat

Pak Ustadz Aam, apakah ada dalil dalam Al-Qur’an dan Hadist yang menegaskan tentang keharusan laki-laki shalat di masjid?

 
Perintah laki-laki untuk shalat berjamaah di masjid ini jelas ada. Misalnya, ada yang harus selalu di masjid yaitu shalat Jumat.  Dalam Q.S.  Al Jumu’ah ayat 9 Allah Swt berfirman :

alquran muasir

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Jadi, kalau Anda bertanya ada tidak dalil bahwa harus shalat di masjid? Kalau dilihat dari ayat ini, “kalau diseru maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah”.  Artinya, ketika ada panggilan untuk shalat maka kita harus segera datang pada panggilan itu. Datang di sini maksudnya datang ke masjid untuk melaksanakan salat berjamaah.

[irp posts=”7837" name=”Cara Membiasakan Anak agar Terbiasa Melaksanakan Shalat”]

kalender

Kemudian ada hadist lagi yang mengatakan, “Shalat berjamaah itu lebih utama dua pulu tujuh derajat dibanding dengan salat sendirian.” (H.R. Al-Bukhari No. 131 dan Muslim No.650).

Ada yang mengartikan shalat berjamah di sini adalah shalat berjamah di masjid. Tetapi, ada juga yang mengartikan yang penting berjamaah. Misalnya, di rumah sekali-kali suami memimpin shalat untuk mendekatkan hubungan antara mereka, ya tentu tidak ada masalah.

Walapun lelaki itu lebih utama shalat berjamah di masjid, tapi sekali-kali ia pun harus shalat di rumah. Ayah menjadi imam, anak yang paling besar yang iqamah, lalu mereka salat berjamaah, berdzikir, dan berdoa. Hal itu dilakukan untuk mendekatkan hubungan antara mereka. Ya tentu saja diperbolehkan. Karena yang dimaksud hadist tersebut,………………

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment