Waspadai Kosmetika di Rumah Kita

0
103

Penggunaannya terbatas pada penggunaan pelembab, lotion rambut, dan perawatan kulit kepala serta shampo. Anmion yang biasa digunakan untuk kosmetik dapat berasal dari sapi, lembu jantan, dan babi.

  1. Botox, atau botulinum toxin tipe A adalah protein kompleks yang dihasilkan dari bakteri Clostridium Botulinum. Oleh para dermatolog atau dokter spesialis kulit, botox biasa dipakai untuk menghilangkan kerut di wajah dan mengurangi produksi keringat bagi penderita hiperhidrosis (kelebihan keringat).

Untuk menghilangkan kerut atau keriput yang muncul di sekitar wajah, seorang dermatolog akan memasukkan cairan (larutan) botox ke beberapa bagian wajah yang terdapat kerutan. Misalnya di dahi, garis luar mulut, pinggir mata, atau leher. Proses pembuatan larutan botox biasanya mempergunakan serum albumin (hewan atau manusia) sebagai bahan pelarutnya.

iklan
  1. Lanolin, sejenis minyak/lemak yang biasanya berasal dari hewan. Sering digunakan dalam produk lotion, salep kulit, whitening cream, dan pemberi efek glossy pada lipstik. Perlu kajian lebih lanjut untuk mengetahui apakah sumbernya berasal dari hewan halal atau haram, termasuk proses penyembelihan yang sesuai syariat Islam atau tidak.

Di samping bahan-bahan kosmetik yang berasal dari hewan yang jelas mengandung bahan yang dikategorikan haram, ada juga yang berasal dari manusia.

a. Keratin, berasal dari rambut manusia, sering dipergunakan dalam produk pewarna rambut.

b. Albumin, berasal dari serum darah manusia, banyak digunakan untuk pelarut bahan aktif kosmetik seperti botox.

c. Plasenta (sebagaimana yang telah dijelaskan di atas).

d. Asam Hialuronat (Hyaluronic Acid), berfungsi menjaga kesehatan kulit, termasuk dalam kelompok mukopolisakarida. Terdapat dalam cairan mata dan tali janin. Sering terdapat pada produk whitening cream dan perawatan kulit. [ ]

 

Sumber: diolah dari data LPPOM MUI

 

Red: Ahmad

Editor: iman

Ilustrasi foto: norman