Waspadai Kosmetika di Rumah Kita

0
103
  1. Wax (lilin), dapat berasal dari serangga, hewan lain seperti ikan, dan tumbuhan. Dalam produk kosmetika, wax dapat memberikan efek glossy (mengkilat). Wax sering digunakan dalam produk lipstik dan perawatan rambut.
  2. Allantoin, adalah bahan yang membantu mempertahankan kelembapan dan kelembutan kulit, serta anti-iritasi kulit (terbakar, lecet, jerawat, bisul). Allantoin cair dapat ditemukan pada janin mahluk hidup, air seni anjing, benih gandum, cacing tanah, dan komponen organik lainnya. Zat turunan allantoin meliputi AluminiumchlorhydroxyAllantoinate, AluminiumdihydroxyAllantoinate, Allantoin N Acetyl DL Methionine, Biasanya digunakan dalam produk deodoran, anti-iritasi pada perawatan bayi, moisturizing cream and lotion, pasta gigi, produk skin care, dan sebagai antidandruff (anti-ketombe) pada shampo.
  3. Gliserin/gliserol, senyawa kimia yang dibuat dari hidrolisis lemak atau minyak yang berasal dari hewan atau tumbuhan (turunan lemak), sintetik kimia yang berasal dari gas propilena (minyak bumi) atau produk mikrobial, sering digunakan dalam produk sabun. Gliserin membantu memelihara kelembapan dan kelembutan kulit. Beberapa produk yang menggunakan gliserin adalah hand and cream lotion, face pack, masker, liquid face powder, protective cream (sun block), skin freshener, dan pasta gigi. Pembentukan gliserin ini bisa melibatkan enzim yang berasal dari hewan yang juga harus diwaspadai aspek kehalalannya.

 

  1. Vitamin. Terdapat beberapa vitamin yang mempunyai sifat tidak stabil sehingga harus distabilkan dengan bahan penstabil. Bahan penstabil vitamin yang sering dipakai di antaranya adalah gelatin (yang berasal babi dan sapi), karagenan, gum, atau pati termodifikasi. Penambahan vitamin biasanya untuk produk perawatan kulit dan rambut.
  2. Lemak dan turunannya. Berbagai macam lemak berasal dari hewan dan bisa diolah dengan teknologi pemisahan dan ekstraksi sehingga menjadi beberapa bahan turunannya, seperti lauric acid, stearic acid, gliserin, GMS, cetyl alc, glycolic acid, palmitic acid, dll. Sering digunakan pada produk lotion, sun block, whitening lotion, lotion, dll.
  3. Hormon, hormon estrogen. Ekstrak timus dan melanin adalah contoh hormon yang berasal dari hewan yang harus diteliti lagi aspek kehalalannya. Hormon tersebut dapat memberikan hasil yang lebih memuaskan, yakni memberi kesan seakan pengguna lebih muda, lebih cantik, lebih segar, lebih atraktif/ceria serta membuat kulit lebih lembut seperti kulit bayi.
  4. Cairan Anmion, adalah cairan yang berada di sekitar janin yang berfungsi untuk melindungi janin dari benturan fisik dan sebagai pelicin (lubricant) pada saat janin dilahirkan. Efeknya yaitu membantu melembapkan, melembutkan, serta menghaluskan kulit (mirip dengan plasenta).
  5. Rambut manusia pun bisa dijadikan bahan kosmetika . . . . .

 

iklan

HALAMAN SELANJUTNYA…>>