Waspadai Kosmetika di Rumah Kita

kosmetik

PERCIKANIMAN.ID – -Tidak semua produsen kosmetik mencantumkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kosmetik itu secara lengkap. Banyak pula pemakai kosmetik yang tidak tahu asal muasal bahan kosmetik. Beberapa bahan kosmetik yang dapat atau mungkin berasal dari hewan, antara lain:

  1. Kolagen, berasal dari jaringan ikat kulit hewan (babi, biri-biri, sapi, dan kambing). Bahan ini sering dipakai untuk produk antiaging, lipstik agar lebih glossy, hand and body lotion, dan perawatan kulit (skin care) agar kulit halus, putih, dan terjaga kelenturannya. Berdasarkan informasi yang didapat, kolagen terbaik dan sering dipergunakan dalam produk kosmetik saat ini adalah kolagen yang berasal dari babi.
  2. Elastin, merupakan komponen jaringan ikat pada kulit selain kolagen. Elastin bertanggung jawab terhadap elastisitas jaringan ikat. Biasanya terdapat bersama-sama kolagen dan dipakai untuk produk perawatan kulit dan rambut.
  3. Plasenta (lebih dikenal dengan ari-ari) adalah suatu media yang berkembang di dalam rahim selama masa kehamilan yang berfungsi untuk memberikan nutrisi dari induk kepada embrio. Plasenta akan keluar bersamaan dengan lahirnya sang bayi. Sumber plasenta bisa berasal dari manusia dan hewan (sapi, kambing, biri-biri, domba, maupun babi).

Menggunakan produk yang menggunakan plasenta sebagai salah satu bahannya tentu akan menjadi kanibalisme, yang sudah jelas diharamkan dalam Islam. Sedangkan jika plasenta hewan maka kita harus mengetahui apakah hewan tersebut hewan yang halal atau tidak.

alquran muasir

Keunggulan dari ekstrak plasenta ini adalah mampu memperbaiki elastisitas kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan dan menjadikan kulit awet muda (antiaging), mengurangi pigmentasi dan flek-flek hitam pada wajah, memutihkan dan menghaluskan kulit, serta menjadikan kulit tampak segar dan lembut. Beberapa produk yang disinyalir menggunakan plasenta adalah hand and body lotion, sabun mandi, plasenta serum gold, whitening lotion, dll.

Bahan yang berasal dari serangga pun bisa ada dalam kosmetika kita  . . . . . .

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

kalender
FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment