Siapa Saja Perempuan yang Haram untuk Dinikahi?

cincin kawin

Ustadz, mohon penjelasannya, apakah saya diperbolehkan menikah dengan besan atau mertua dari anak saya yang sama-sama single parent?
Masalah dengan siapa kita tidak boleh menikah bisa kita lihat di Q.S An-Nisa ayat 22-24.

Dengan membaca ayat itu, Anda bisa melihat boleh tidaknya kita menikah dengan besan atau mertua anak kita.

Supaya kita mendapat pengetahuan yang lebih, mari kita lihat  An-Nisa ayat 22-23 tentang perempuan-perempuan yang haram untuk dinikahi.

 

Diharamkan atas kemu menikahi ibu-ibumu, anak-anak perempuanmu, saudara-saudara perempuanmu, saudara-saudara ayahmu, saudara-saudara ibumu, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan, ibu-ibumu yang menyusuimu, saudara-saudara perempuan sesusuan, ibu-ibu istrimu (mertua), anak-anak perempuan dari istrimu (anak tiri)  yang dalam pemeliharaanmu dari istri yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum campur dengan istrimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu menikahinya, dan diharamkan bagimu istri-istri anak kandungmu (menantu), diharamkan mengumpulkan dua perempuan yang bersaudara dalam pernikahan, kecuali yang telah terjadi di masa lampau. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang.” (Q.S An-Nisa [4] – 23)  

 

“Diharamkan juga kamu menikahi perempuan yang bersuami, kecuali hamba sahaya perempuan  yang kamu miliki sebagai keketapan Allah atas kamu.  Kamu dihalalkan memiliki perempuan-perempuan selain yang disebutkan itu jika kamu berusaha dengan hartamu untuk menikahinya, bukan untuk berzina.  Maka, bagi istri-istri yang telah kamu campuri, berikanlah kepada mereka mas kawin sebagai suatu kewajiban.  Namun tidak berdosa jika kamu telah saling merelakannya setelah ditetapkan.  Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui Mahabijaksana.”  (Q.S An-Nisa [4] – 24)   

 

Kalau kita sudah paham ayat ini, berarti di luar dari penjelasan ayat tersebut boleh kita nikahi.

Dalam Q.S An-Nisa [4] ayat 22 Allah juga berfirman,……..

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 732 times, 1 visits today)

REKOMENDASI