Rutin Berpuasa Tingkatkan Kesehatan Otak

272

PERCIKANIMAN.ID – – Puasa adalah salah satu ibadah yang diwajibkan khususnya saat bulan Ramadhan. Demikian juga dengan puasa sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan diluar Ramadhan. Dalam beberapa penelitian dilaporkan ternyata salah satu hikmah puasa adalah menyehatkan tubuh.  Untuk itu selain bertujuan sebagai ibadah langsung kepada Allah Swt ternyata demikian besar hikmah puasa bagi kesehatan. Seperti dilaporkan  laman boldsky.com belum lama ini, manfaat puasa tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga ada manfaat lainnya sebagai berikut:

  1. Meningkatkan fungsi otak

Puasa adalah obat kuat yang terbaik untuk meningkatkan fungsi otak dengan merangsang sel-sel. Puasa juga akan meningkatkan produksi protein bernama neurotrophic factor dalam otak, yang memicu banyak bahan kimia untuk meningkatkan kesehatan sel-sel otak.

alquran muasir
  1. Mengatur pola makan

Bagi muslim yang tinggal didaerah tropis seperti beberapa Negara di Asia setidaknya, setiap hari kita  harus berpuasa selama 12 jam. Melakukan sunnah Rasullah Saw ini dalam kehidupan sehari-hari kita karena akan membantu menjaga keseimbangan hormonal yang akan mengatur pola makan.

  1. Meningkatkan insulin

Tubuh seseorang yang kekurangan insulin dapat mengakibatkan penyakit. Saat kita berpuasa, tubuh dengan sendirinya akan mengatur metabolisme karbohidrat sel. Sel ini akan menjadi lebih sensitif terhadap insulin selama puasa, sehingga meningkatkan penyerapan glukosa.

  1. Awet muda

Berpuasa juga membantu membuang toxid (racun) dari dalam tubuh. Hal ini akan membantu membuat kulit sehat, tubuh bugar dan awet muda. Tak hanya itu, puasa juga menghindarkan kulit kita dari jerawat, pigmentasi kulit dan rambut rontok. [ ]

kalender

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment