Haruskah Selalu Mengiyakan Perintah Orangtua?

orang tua

Pak Ustadz, apakah kita benar selalu mengiyakan dan menaati orangtua terutama ibu,  padahal kita tahu kalau itu salah?

 

Tentu saja kita wajib mengaminkan, mengiyakan, menaati orangtua selama itu berada dalam wilayah yang Allah ridhai. Ada hadist yang mengatakan Ridhoallah fi ridhol walidain, ‘Ridha Allah itu bergantung pada ridha orangtua’.

alquran muasir

Ridha orangtua yang mana? yang diridhai Allah. Kalau orangtua menyuruh Anda untuk belajar sungguh-sungguh, itu salah satu perintah orangtua yang diridhai Allah. Anda wajib taat pada perintah orangtua tersebut. Kenapa? Karena perintahnya diridai Allah. Kalau orangtua berkata, ”Yuri, kamu nonton sinetron terus tiap hari. Coba kamu datang ke masjid tuh ada pengajian. Cepat pergi sana!” Nah, perintah itu pun wajib dilaksanakan. Kenapa? Karena perintah untuk pergi ke mesjid mengikuti pengajian ini berada dalam ridha Allah.

[irp posts=”11023" name=”3 Kewajiban Utama Orangtua terhadap Anak”]
Coba Anda lihat Q.S. Lukman ayat 15,  “Jika keduanya atau salah satunya mengajak kepada kamu pada suatu yang tidak diridai Allah, jangan kamu taat tapi tetap bergaullah dengan mereka secara baik”.

Jadi, orangtua harus ditaati, kalau benar. Tapi, kalau orangtua itu bertentangan kemauannya dengan ridha Allah, ya kita utamakan ridha Allah.

kalender

Misalnya, ada seorang remaja menggunakan jilbab. Lalu, ibunya berkata, “Neng, kamu mah belum menikah, gak usah pakai jilbablah, mamah juga pakai jilbab usia 40 tahun. Kamu mah baru juga 17 tahun sudah pakai jilbab, mending gak usahlah.”

[i[irp posts=”9387" name=”Ini Alasan Pentingnya Berbakti Kepada Orangtua (Ibu)”]p>

Terkadang, ada orangtua yang seperti itu kepada anaknya. Si anak boleh menolak karena menutup aurat itu diridai Allah.

Jadi, utamakanlah ridha Allah. Kalau Anda bertanya apakah kita harus selalu mengikuti dan mengiyakan orangtua? Jawabannya, tentu iya harus, kalau perintahnya, anjurannya, sarannya, keinginannya berada dalam wilayah ridha Allah. Tapi, kalau di luar ridha Allah, ya kita ambil yang diridhai Allah.

Pelajarilah Q.S. Lukman ayat 15, “Kamu jangan mengikuti keinginan orangtuamu kalau keinginannya berseberangan dengan ridha Allah, tapi tetaplah bergaul dengan orangtuamu secara baik.”

Kita tetap menjaga kesantunan kita kepada orangtua sekalipun kita tidak mendengar dan tidak menuruti karena kita tahu keinginannya itu salah.

[irp[irp posts=”8456" name=”Ini 4 Keutamaan Berbakti pada Orangtua, Nomor 3 Paling Kita Inginkan”]

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email aam@percikaniman.org atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment