Minum Air Dingin Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

0
86
  1. Air menyebabkan kenyang. Air yang diminum sebelum makan dapat mengisi bagian – bagian perut yang kosong, selain berfungsi menyeimbangkan asam lambung.

Hal ini dapat mencegah kita dari makan berlebihan, karena perut akan mudah terasa kenyang akibat air yang sudah masuk lebih dulu tadi. Itulah mengapa Rasulullah Muhammad Saw menyarankan agar kita menyisakan 1/3 bagian perut untuk diisi air.

  1. Air dingin atau es justru membantu pembakaran lemak. Menggigil adalah mekanisme tubuh untuk menyesuaikan terhadap lingkungan bersuhu dingin. Jangan dikira, untuk menggigil tubuh memerlukan tenaga yang dapat diambil dari cadangan kalori berupa lemak.

Hal yang sama juga terjadi saat kita minum es. Tubuh akan berusaha menyesuaikan diri sampai titik tertentu hingga akhirnya es benar – benar mengikuti suhu tubuh. Saat penyesuaian terjadi, tubuh mengambil cadangan lemak sebagai sumber kalori. Pendapat ini sebagaimana dikemukakan oleh Denny Santoso, seorang pakar slimming di Indonesia.

iklan

Maksud air es menyebabkan gemuk, mungkin merujuk pada minuman dingin yang mengandung gula atau zat tertentu penyumbang kegemukan. Jadi bukan airnya, melainkan gula atau zat tambahan itulah yang menyebabkan tubuh jadi gemuk.

Air es yang dikonsumsi dalam jumlah banyak memang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti iritasi tenggorokan. Namun tidak akan membuat tubuh gemuk.

Tidak percaya?, silahkan dicoba! [ ]

 

*Penulis adalah trainer, konsultan kebugaran dan diet sehat.

Muhammad Isman

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

Bagi pembaca yang  punya hobi menulis dan ingin dimuat di www.percikaniman.id bisa mengirimkan tulisannya  ke email: [email protected] atau: [email protected]  . Jadilah pejuang dakwah melalui tulisan-tulisan yang inspiratif,motivatif dan edukatif serta penyebar amal saleh bagi banyak orang. Bergabunglah bersama ribuan pembaca dalam menebar kebaikan.