Cara Unik, Polisi Ini Minta Dibacakan Surat Yasin Bagi Pengendara Yang Tak Tertib Aturan

Polisi minta siswa SMA baca Yasin

PERCIKANIMAN.ID – – Seharusnya bagi pelanggar tata tertib di jalan raya adalah dengan memberikan bukti pelanggaran (tilang). Biasanya mereka diwajibkan mengikuti siding dan membayar denda atas pelanggaran yang dilakukan. Namun cara Anggota Polres Trenggalek, Jawa Timur (Jatim), Brigadir Dedi Mahendra Sukma lain, menerapkan sanksi unik kepada para pengendara kendaraan bermotor roda dua, khususnya pelajar, yang tidak tertib lalu lintas dengan cara menghukum para pelanggar dengan membaca Al-Qur’an khususnya Surat Yasin atau surat-surat pendek lainnya.

Dedi mengatakan, hal tersebut merupakan salah satu dari kampanye berkendara secara safety dan sesuai aturan. Hukuman ini ia diberikan agar pengendara semakin sadar terhadap keselamatan di jalan raya. Menurut Dedi, hukuman membaca Surat Yasin dan surat-surat pendek ini relevan diterapkan di wilayahnya karena mayoritas beragama Islam.

alquran muasir

Hukuman ini juga dianggap sebagai hukuman yang mendidik dan memberi wawasan keagamaan. Selama ini, Dedi memang kerap melakukan berbagai hal unik dalam mengkampanyekan keselamatan di jalan raya. Sebelum hukuman baca yasin ini, Dedi juga menghukum pelajar yang tidak tertib berlalu lintas dengan memberikan hukuman berupa sikap hormat kepada yang tertib berlalu lintas.

“Kalau tidak fasih dalam membaca, saya suruh mengulang lagi,” kata Dedi, seperti dilaporkan madiunpos.com, Kamis (11/8/2016).

Dedi menambahkan, pelajar dan remaja saat ini banyak yang tidak mempedulikan tata tertib dan keselamatan dalam berkendara. Padahal sebenarnya pelajar dan remaja ini tidak sadar sikap tersebut membahayakan dirinya dan orang lain. [ ]

kalender

Red: admin

Editor: iman

Foto: madiunpos

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment