Bolehkah Membentak Istri yang Selalu Mengomel?

berbicara

Saya sudah berumah tangga hampir 25 tahun, sehingga tahu persis karakter istri saya yang selalu merasa belum puas untuk mengomel kalau ada sesuatu yang menurutnya salah, termasuk komunikasi dengan anak-anak. Dia akan terus berbicara mengeluarkan kata-kata yang membuat orang lain bisa sakit hati. Menghadapi sikap istri seperti itu saya memilih untuk sabar, diam, dan menasehati. Namun, justru ketika yang diomelin itu selalu mengalah dan sabar maka dia akan menjadi-jadi, mengomel hingga orang itu tidak berdaya. Akhirnya, saya tahu cara yang efektif untuk menghentikan ocehan dia yaitu dengan membentaknya. Walaupun saya tidak setuju dengan cara membentak ini. Tapi, hanya dengan membentaknya baru dia akan diam dan tidak mengoceh lagi. Bagaimana menurut Pak Ustadz Aam?

 

 

Memang di dalam Islam, kita sebagai suami harus memperlakukan istri secara santun. Kita tidak boleh kasar, baik secara fisik maupun secara lisan. Bahkan kalau ada istri yang diperlakukan secara kasar, maka istri memiliki peluang untuk mengajukan gugat cerai. Itu menurut pandangan Islam.

alquran muasir

Seorang suami wajib memperlakukan istrinya secara santun. Tapi, setiap orang memiliki karakter dan kebiasaan berbeda. Istri Anda memiliki karakter kalau sudah ngomel sulit berhenti, sampai orang yang diomelinnya bisa terluka. Memang ada orang yang kalau sudah ngomong benar-benar harus memuaskan emosinya dengan berbicara. Karena Anda sudah berpuluh-puluh tahun hidup bersama, jadi Anda tahu karakternya.

Kalau didiamkan, dia bertambah ngoceh, tetapi kalau Anda bentak dia baru diam. Padahal Anda sendiri tidak mau melakukan hal seperti itu.  Boleh jadi Anda sadar betul bahwa istri harus diperlakukan secara santun. Tapi, karena istrinya seperti itu, istri Anda ngomel saja kalau dibentak baru diam. Ya tentu saja, untuk kasus tertentu menjadi diperbolehkan. Jadi, untuk kasus tertentu, menurut saya boleh saja membentak istri kalau kasusnya memang seperti itu.

Ada nasehat dari Allah Swt seperti dijelaskan dalam Al Quran surat An-Nisa ayat 19 :

kalender

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Komentar Artikel “Bolehkah Membentak Istri yang Selalu Mengomel?

  1. Emalia

    Bagaimana kalau sebaliknya pak aam ?
    Suami saya yg selalu tdk sabaran membentak mencaci maki sudah merupakan makanan hari2 saya
    Saya malas berdebat palingan menghindar dan diam
    Tapi lama2 menunggu berobah seperinya tidak bisa
    Saya jenuh pingin semuanya ini berakhir

Leave a Comment