Pola Hidup Dalam Islam Ini Sesuai Anjuran Ahli Kesehatan Modern

247

PERCIKANIMAN.ID – – Sebagai mana banyak diberitakan dari berbagai kajian ilmiah munculnya penyakit “modern” sekarang ini sebagai akibat pola atau gaya hidup yang tidak sehat. Padahal menjaga kebersihan dan menjalankan gaya hidup sehat merupakan harga yang murah untuk merawat kesehatan. Tak perlu biaya mahal dan ribet, kita sudah dapat menikmati anugerah yang AllahSwt berikan setiap hari.

Jauh sebelum riset modern mengungkapkan kaum muslimin sudah diperintahkan untuk menjaga kesehatan sesuai dengan ajaran Islam. Pola hidup sehat yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Saw juga ternyata sesuai dengan temuan para ahli kesehatan modern. Tips hidup sehat itu sebagai berikut:

alquran muasir
  1. Tidak minum alkohol

Menurut National Crime Victimization Survey Bureau of Justice (Lembaga Pengadilan AS) pada tahun 1996 saja, setiap hariya sekitar 2.713 perkosaan terjadi belum tindakan criminal lainnya. Data-data yang ada memberitahu kita bahwa mayoritas pemerkosa itu sedang mabuk saat melakukan kejahatan. Hal yang sama berlaku dalam kasus inses. Selain itu, alkohol memicu terjadinya sirosis hati dan mengurangi konsentrasi pengemudi yang mengakibatkan kecelekaan. Konsumsi alkohol juga mengakibatkan penyakit lainnya seperti anemia, kanker, gangguan jantung, hingga alzheimer.

Larangan alkohol adalah sebuah pantangan yang dijalankan oleh pemeluk Islam dalam Al-Qur’an maupun Hadis sudah melarang konsumsi alkohol dalam ayat berikut:

Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, mengundi nasib dengan anak panah, adalah termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung.” (QS. Al-Ma’idah:90)

kalender
  1. Tidak konsumsi daging babi

Pantangan lainnya yang dijalankan umat Islam adalah tidak mengonsumsi daging babi. Disebutkan di situs Livestrong, dalam daging babi terdapat bakteri yang terdapat dalam daging babi, sehingga menyebabkan diare, demam, hingga kram perut.

Sejumlah penelitian medis ilmiah telah menetapkan bahwa babi – dibandingkan semua jenis hewan yang ada- termasuk daging yang mengandung bahan berbahaya bagi tubuh manusia. Di antara penyakit yang muncul karena memakan babi adalah sebagai berikut:

  • Penyakit parasit. Di antaranya adalah berkembangnya cacing spiral (termasuk cacing yang paing berbahaya bagi manusia). Semua daging babi pasti mengandung cacing ini. Biasanya cacing ini berkumpul dalam otot-otot, maka orang yang memakan daging babi bisa menderita sakit yang luar biasa dan bisa menyerang diafragma sehingga menyebabkan nafas terhenti, kemudian mati.
  • Cacing pita. Cacing pita memilki panjang hingga 10 kaki. Cacing ini bisa menyebabkan perut kejang-kejang dan darah rendah. Juga bisa menyebabkan adanya cacing di otak orang yang memakannya, begitu juga di dalam daging, hati, paru-paru, jeroan daging, dan lainnya.
  • Cacing scars. Cacing jenis ini bisa menyebabkan disfungsi pada paru-paru dan penyakit komplikasi pada pencernaan.
  • Cacing Engcalostoma, Balharesia, Dosentaria. Cacing–cacing jenis ini bisa menyebabkan leukimia, pendarahan, dan penyakit lainnya yang bisa menyebabkan kematian.
  • Cacing jenis lainnya yang ada di dalam babi yang jumlahnya lebih dari 30 jenis dan bervariasi tingkat bahayanya

Sementara dalam Islam larang itu sangat jelas dalam firman Allah Swt , “Bahwasanya Allah telah mengharamkan atas kamu bangkai, darah, daging babi,” (Q.S. Al-Baqarah :173)

  1. Diet secara ilmiah,

Terlalu banyak makan dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan mencetuskan terjadinya obesitas. Demikian pula, terlalu sedikit makan menyebabkan kekurangan nutrisi dalam tubuh. Oleh karena itu, tak ada salahnya menjalankan diet dan memoderasi makanan sebagai peningkatan kualitas hidup sehat. Makan dan minum secara berlebihan serta tidak teratur disinyalir salah satu penyebab obesitas.

Sementara dalam Islam kita sangat dianjurkan agar makan dan minum tidak berlebihan, seperti yang diperintah Allah Swt,

“…..makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan”. (QS. Al A’raaf :31)

Rasulullah Saw pun telah mencontohkan menjaga kesehatan lewat makan dan minum yakni makan setelah merasa lapan dan berhenti sebelum kenyang. Selain itu Rasulullah Saw juga menganjurkan untuk melakukan puasa sunnah dan terbukti secara ilmiah puasa lebih menyehatkan.

  1. Mencuci tangan sebelum makan

Sebelum makan, sangat disarankan untuk membersihkan tangan dengan sabun dan mengeringkannya dengan handuk. Hal ini menghindari penularan infeksi atau bakteri saat kita makan bersama keluarga atau kerabat. Sementara dalam Islam kesehatan lewat tangan ini juga telah diajarkan melalui wudhu.

Bagaimana pengaruh kurang tidur malam terhadap kesehatan . . . . . . .

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment