Seorang Janda Boleh Menikah Lagi Tanpa Perlu Wali?

cincin kawin

Pak Ustadz Aam, sewaktu SMA guru saya mengatakan bahwa seorang janda dapat menikah tanpa wali. Apakah betul seperti itu? Apa maksud pernyataan tersebut?

 

Kalau orang itu bukan janda, salah satu syarat nikahnya adalah wali asli. Wali asli ini bisa berasal dari keluarga ayah, dan wali yang paling utama adalah ayahnya. Kalau ayahnya tidak ada, bisa oleh pamannya, uanya, bahkan boleh sama kakak atau adik laki-lakinya, selama adik laki-lakinya itu sudah dewasa. Ada hadist yang mengatakan  ‘Tidak sah nikah kecuali dengan adanya wali’.

alquran muasir

Wali itu ada dua, yang pertama yaitu wali yang asli, yang tadi disebutkan. Dan yang kedua adalah wali hakim. Bagi yang sudah pernah menikah atau bercerai, bercerai ini ada dua, yaitu  cerai mati dan cerai karena talak. Jadi yang ditinggal wafat oleh suami itu disebut cerai mati.

Ada masa idah yaitu masa menunggu tidak boleh menikah lagi sebelum menunggu waktu perceraian 4 bulan 10 hari. Kalau cerainya bukan karena terpisah oleh kematian tapi cerai karena talak, masa menunggunya kalau masih haid adalah 3 kali haid.

Untuk seorang janda, bukan berarti boleh menikah tanpa wali. Dia tetap harus menikah dengan wali, hanya saja walinya boleh menggunakan wali hakim tidak harus menggunakan wali yang utama. Namun secara prinsip, baik janda atau pun bukan, menikah itu harus ada walinya, karena hadits menyatakan ‘tidak sah suatu pernikahan kecuali ada wali’.

kalender

Wali itu merupakan syarat sah nikah. Syarat pernikahan itu harus ada wali, ada saksi, ada mahar, dan ada ijab qabul. Hal ini sudah menjadi standar pernikahan umat muslim.

Jadi adanya wali menjadi keharusan, baik bagi perempuan itu sudah pernah menikah atau belum. Hanya untuk janda, walinya itu tidak harus wali utama. Tidak harus ayahnya, boleh menggunakan wali hakim. Tetapi tentu saja, jika ayahnya masih ada akan lebih baik apabila yang menjadi wali yaitu ayahnya.

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email aam@percikaniman.org atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment