Menghajikan Orang yang Sudah Meninggal, Bolehkah?

kabah

Pak Ustadz , bagaimana kalau kita ingin menghajikan orang yang sudah meninggal? Apakah benar ada dalilnya?
Ya, memang benar ada dalilnya, yakni dalam Hadist Riwayat Imam Al-Bukhari, tetapi itu hanya berlaku bagi orangtua. Di zaman Rasulullah saw, ada seseorang yang datang kepadanya dan bertanya, “Ya Rasulullah, orangtua saya sudah berniat haji tetapi beliau keburu wafat. Apakah saya boleh menghajikannya?” Apa kata Nabi?  “Berhajilah kamu dan hajikanlah orangtuamu.”

Dengan demikian, kalaupun ada anak yang mau menghajikan orangtua, dianya harus sudah berhaji. Misalnya, tahun kemarin dia sudah berjhaji, tahun ini berhaji lagi untuk menghajikan orangtuanya yang sudah berniat. Itulah yang ada dalam hadist sahih Bukhari.

alquran muasir

Yang tidak ada dalilnya adalah lembaga yang membuka fasilitas untuk badal haji (Baca : Waspada, Badal Haji Sering Jadi Modus Penipuan!). Misalnya, ada yayasan atau travel, yang menawarkan badal haji. Nanti diwakilkan hajinya oleh ustad ini, oleh kyai ini, atau oleh mutawif.

[irp posts=”3473" name=”Hukum Syukuran Sebelum Berangkat Umrah dan Haji”]

Nah, ini sebenarnya yang tidak ada dalilnya yaitu dibadalkan oleh orang lain. Jadi, dibadalkan oleh orang lain, oleh lembaga, atau oleh ustaz, oleh Kyai, itu tidak ada dalilnya. Yang ada dalilnya adalah dalam hadist sahih Bukhori adalah dibadalkan/ diwakilkan oleh anaknya.

kalender

Itu pun orangtuanya sudah berikrar, sudah berniat, sudah membayar Ongkos Naik Haji. Dengan demikian, membadalkan haji hanya diperbolehkan bagi anak terhadap orangtuanya, itu pun orangtuanya yang sudah beritikad akan berhaji.

Selain itu, si anak kalau berniat membadalkan haji orangtuanya yang sudah meninggal, ia pun harus melaksanakan haji terlebih dahulu. Waallahu alam.

[i[irp posts=”3274" name=”Wajib Berhaji Hanya Sekali, Yang Kedua Sunnah, Benarkah?”]p>

 

*  Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email aam@percikaniman.org atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Komentar Artikel “Menghajikan Orang yang Sudah Meninggal, Bolehkah?

  1. Ama

    Terima kasih utk info nya
    Insya Allah barakah

Leave a Comment