Banten Juara Umum dan Sumut Akan Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional 2018

Logo Kementerian Agama

 

PERCIKANIMAN.ID – – Provinsi Banten keluar sebagai juara umum MTQ Nasional XXVI 2016 yang berlangsung di NTB sementara Provinsi Sumatera Utara terpilih menjadi tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVII yang akan diselenggarakan pada tahun 2018 mendatang.

Penetapan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menjadi tuan rumah MTQ Nasional XXVII itu, ditandai dengan penyerahan bendera MTQ oleh Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi kepada Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nurdin pada acara penutupan MTQ Nasional ke-26 di astaka utama Masjid Islamic Center, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (6/8) malam.

alquran muasir

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) pusat yang juga sekaligus menjabat Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Machasin mengatakan penetapan Sumatera Utara sebagai tuan rumah MTQ Nasional ke 27 pada 2018 mendatang berdasarkan surat keputusan Menteri Agama RI.

“Penetapan Sumatera Utara sebagai tuan rumah MTQ Nasional ke 27 pada tahun 2018 berdasarkan surat keputusan Menteri Agama RI,” kata Machasin seperti dilaporkan antaranews, Ahad (7/8/2016).

Ia menjelaskan, di MTQ Nasional ke 27 di Sumut 2018 mendatang, cabang yang di lombakan masih akan tetap sama seperti pelaksanaan MTQ Nasional ke-26 di Provinsi NUsa Tenggara Barat (NTB). Di antaranya, Tilawah Alquran, Tartil Quran, Tafsir Quran, Tahmil, Tafsir, Khat Quran dan Ilmiah Quran.

kalender

“Untuk hari dan tanggal pelaksanaan belum bisa dilakukan, namun diharapkan terlaksana pada bulan Juni 2018,” terangnya.

Penutupan MTQ Nasional ke-26 di NTB ini di hadiri Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin, Gubernur Banten Rano Karno, dan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi selaku tuan rumah MTQ ke-27 tahun 2018. MTQN XXVI di Mataram ini dibuka Presiden RI Joko Widodo Sabtu pekan lalu, sedangkan juara umum kali ini adalah Provinsi Banten. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Foto: kemenag

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment