Ketika Anak Non-Muslim Meninggal, Bagaimana Nasibnya di Akhirat?

surga

Apabila anak yang dilahirkan dari orang nonmuslim meninggal. Bagaimana nasib mereka di akhirat nanti? Apakah mereka masuk surga atau neraka?


Ibnu Abbas berkata, Ada seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah saw. mengenai anak-anak orang nonmuslim yang meninggal. Nabi saw. menjawab,

alquran muasir

“Apabila Allah swt. menciptakan mereka, maka Allah Maha Mengetahui apa-apa yang mereka kerjakan.” (H.R. Bukhari).

[irp posts=”4346" name=”Siapa Mereka yang Allah Beri Rasa Aman di Dunia Hingga Akhirat?”]

Keterangan ini menegaskan bahwa anak-anak nonmuslim yang meninggal sebelum baligh tidaklah penting untuk dibicarakan karena itu merupakan otoritas Allah sebagai Yang Maha Mencipta. Kita tidak perlu menghabisakan energi untuk mendiskusikan sesuatu yang berada pada koridor  otoritas Allah swt.

kalender

Dan kalaupun kita diskusikan, sejatinya tidak ada manfaatnya, hanya buang-buang waktu saja. Karena itu Nabi saw. menegaskan pada hadis di atas, “Apabila Allah swt. menciptakan mereka, Allah Maha Mengetahui apa-apa yang mereka kerjakan.”

Islam menganjurkan untuk bersikap kritis, namun kekritisan itu tidak perlu masuk dalam urusan-urusan yang berada di luar koridor kita. Biasakanlah kita mendiskusikan sesuatu yang akan memberikan kemanfaatan untuk kehidupan dunia dan akhirat.

[i[irp posts=”2837" name=”Benarkah Orang yang Meninggal pada Ramadhan Masuk Surga?”]p>

Untuk kasus yang Anda tanyakan, yakinlah bahwa Allah swt. Mahaadil, tidak mungkin Allah swt. berbuat zalim kepada hamba-Nya. Anak nonmuslim yang belum baligh tentu saja dia belum terkena taklif (beban kewajiban) karenanya tidak mungkin Allah swt. mengazab mahluk yang belum terkena kewajiban.

Samurah r.a. berkata, Kami pernah bertanya kepada Rasulullah saw. perihal anak-anak orang nonmuslim. Maka Nabi saw. Menjawab, ”Mereka menjadi hamba-hamba Ahli Surga!” (H.R. Thabrani).    Wallahu a’lam

 

*  Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email aam@percikaniman.org atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment