Ini Keajaiban Dirimu, Masihkah Engkau Kufur ?

278

Oleh: Sunaryo Sarwoko*

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.”  (Q.S. At Tiin : 4)

alquran muasir

PERCIKANIMAN.ID – -Manusia merupakan salah satu ciptaan Allah swt. yang sangat sempurna. Proses penciptaan manusia yang diawali dengan pembuahan sel telur oleh sperma kemudian berkembang menjadi janin yang dikandung selama kurang lebih 9 bulan. Lalu  dilahirkan kedunia berupa bayi yang sangat menakjubkan.

Keajaiban manusia dapat terlihat dari bentuk tubuhnya yang tersusun oleh kurang lebih 200 tulang dan 500 otot dengan miliaran serat saraf yang terkoordinasi dengan baik tanpa ada tumpang tindih pekerjaan antara saraf yang satu dengan
yang lainnya.

Keajaiban lainnya, dalam kurun waktu 24 jam jantung seorang anak manusia (normal) mampu berdenyut 103.689 kali, sirkulasi aliran darah setara dengan menempuh perjalanan sepanjang 168.000.000 mil, mamapu bernafas sebanyak 23.040 kali dan menghirup udara sebanyak 483 m3. Bahkan jika dihitung rata-rata manusia bisa menelan 1,5 kg makanan, minum 3,5 liter cairan dan  berkata-kata sebanyak 25.000 kata.

kalender

Jika mau diteliti lebih jauh, tubuh manusia merupakan sebuah sistem yang berjalan sangat teratur dan kompleks. Manusia merupakan salah satu maha karya yang memiliki banyak rahasia dari Kebesaran dan Kekuasaan Sang Khalik. Tercatat dalam tubuh manusia terdapat 100 Trilyun sel.  1 sel sama dengan 23 kromosom dan 1 kromosom sama dengan 3 milyar DNA. Sedangkan 1 DNA sama dengan 4 alfabet ATGC (Adenin, Timin, Guanin, Citosin) dan Jika semua alfabet tadi disusun, maka panjangnya lebih dari 90 Milyar KM Atau 600 kali jarak Bumi – Matahari. Subhanallah.

  1. Otak Manusia

Secara fisik berat otak manusia berkisar antara 1,5-2 kg. Otak terdiri dari sel-sel yang disusun oleh oksigen dan glukosa. Secara alamiah, setiap manusia dianugerahi lebih dari 1 triliun sel otak, yang terdiri dari 1000 miliar sel otak aktif dan 900 miliar sel pendukung. Penelitian yang dilakukan oleh Anthony Robin menunjukkan bahwa otak manusia memiliki kemampuan luar biasa, yang memungkinkan mata dapat membedakan lebih dari 10 juta warna dan memberikan 25 ton daya tarik kekuatan apabila seluruh otot disalurkan kearah yang sama.

Tidak hanya itu, otak manusia mampu menampung 100 Milyar bite informasi dengan kecepatan berpikir hingga 300 mil/jam dengan jumlah kapasitas mencapai 4.000 fikiran dalam 24 jam. Satu triliun sel neuron dalam otak setara dengan 167 kali jumlah penduduk bumi. Setiap sel mampu bekerja lebih hebat dari PC komputer yang kita miliki hingga keluaran produk yang paling mutakhir sekali pun.

Muhammad Iqbal, seorang pujangga Islam, mengatakan, “Khudi ko kar beland itnakihhar taqdir si pahle, khudi gandi skhud  puche batu niza kiya bate”   (Bangunkan pribadimu demikian hebat dan jayanya, sehingga sebelum Tuhan menentukan takdir bagimu, sudilah Dia bermusyawarah denganmu dulu, apakah kehendakmu sebenarnya).

Jika kita ketahui potensi hati sungguh luar biasa seperti . . . . . .

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment