Sekolah Pranikah, Penting Enggak Sih?

pengantin, suami, istri

PERCIKANIMAN.ID – Menikah dan berumahtangga adalah satu fase kehidupan yang banyak dijalani manusia. Namun dalam ajaran Islam, kedudukan dan hukum menikah bisa sunnah hingga wajib. Islam mengajarkan kepada umatnya untuk tidak tergesa-gesa dalam segala tindakannya, namun harus direncanakan matang dan cermat, termasuk dalam hal menikah.

Menikah seperti terlihat mudah, tetapi sebenarnya urusan ini cukup pelik dan menuntut perhatian  dan persiapan yang matang. Sebelum memasuki jenjang pernikahan diperlukan  bekal yang cukup, baik yang bersifat materi maupun non materi. Salah satu bekal non materi yaitu ilmu tentang pernikahan dan rumah tangga yang akan dijalani.

alquran muasir

Membangun rumah tangga dapat diibaratkan dengan mendirikan sebuah rumah tinggal. Untuk  membangun sebuah rumah dibutuhkan perencanaan matang dan teliti mulai dari pemilihan lokasi, bentuk bangunan, material yang digunakan, estimasi anggaran, sampai rincian lainnya.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar rumah yang dihasilkan adalah bangunan yang kokoh dan bagus. Jika membangun rumah yang notabene adalah untuk tujuan dan dihuni dunia saja diperlu perencanaan yang baik dan matang, maka untuk membangun rumah tangga tentunya akan lebih membutuhkan persiapan yang benar-benar matang dan terencana. Karena rumah tangga ini harapannya tidak hanya untuk tujuan dunia tetapi juga di akhirat kelak,sehingga sukses dunia akhirat bisa terwujud.

Alasan itu pula yang membuat Rubiati Ningsih (23) untuk mengikuti sebuah kajian yang khusus membahas tentang pernikahan yang disebut sekolah pranikah. Seperti analogi di atas, menurut Ningsih, demikian ia akrab dipanggil,  untuk membentuk rumah tangga yang kokoh sesuai dengan tujuan keluarga yang sakinah, mawadah warahmah adalah dengan mempunyai bekal yang cukup tentang pengetahuan tentang ilmu pernikahan dan rumah tangga.  Sebab, banyak kasus kandasnya rumah tangga di tengah jalan meski baru seumur jagung karena tidak mampu menyelesaikan masalah akibat tak mempunyai ilmu.

kalender

“Semua ada ilmunya termasuk masalah rumah tangga untuk itu ada baiknya sebelum mengalami harus dipelajari ilmunya. Setiap orang tentunya mengidamkan sebuah rumah tanggal yang awet dan bahagia baik di dunia dan membawa kebahagian di akhirat,”jelasnya.

Untuk mendapat ilmu itu, ia mengikuti sekolah pranikah yang diselenggarakan secara intensif oleh Yayasan Masjid Salman ITB. Meski harus mengikuti selama dua bulan berturut, ia tak merasa jenuh dan bosan. Ningsih menyadari bahwa saat ini ilmu pernikahan bisa dipelajari lewat buku atau media online. Namun dengan mengikuti secara tatap muka baginya lebih berkesan karena ada tanya jawab secara interaktif.

Sementara jika hanya lewat buku atau media lainnya bersifat satu arah. Selain itu, menurutnya pentingnya ikut sekolah pra nikah tersebut karena ilmu pernikahan dan rumah tangga tidak di ajarkan dibangku sekolah termasuk saat kuliah. Padahal, pernikahan tidak semudah atau justru tidak sesulit yang dibayangkan.

Setelah mengikuti sekolah tersebut, Ningsih mangaku wawasan dan paradigma tentang pernikahan serta bagaimana kehidupan rumah tangga dijalani kelak menjadi lebih terbuka, jelas dan utuh. Ada banyak hal yang ia dapatkan selama mengikuti sekolah tersebut, baik secara fiqih, kesehatan termasuk ekonomi. Selain pengetahuan akan adanya riak-riak rumah tangga yang umum terjadi juga kiat atau solusi jika permasalahan timbul. Untuk itu, dengan berbekal ilmu pernikahan yang telah didapat dan pelajari tersebut Ningsih siap menjalani pernikahan bersama pria idaman dan pilihannya.

“Insya Allah tahun ini (menikah), mohon doanya,”ujarnya dengan sedikit tersipu.

Beri manfaat

Manfaat pendidikan pranikah bagi calon pasangan memang sangat besar. Tak heran bila kehadiran sekolah ini mendapat respon positif dan apresiasi dari beberapa pihak.  Konselor keluarga yang juga mantan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar KH.Miftah Faridl, mengaskan pembekalan calon pengantin khususnya bekal spiritual sangatlah penting. Kenapa penting?

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment