Jual Ginjal untuk Bayar Utang, Bagaimana Hukumnya?

ginjal

Ustadz, saat ini saya sedang dililit hutang karena perusahaan saya bangkrut. Saya stres dengan kondisi ini karena tekanan yang menagih. Sudah lima bulan ini, saya jalani untuk berikhtiar dan terpisah dari istri saya. Sampai dibuatnya tulisan ini belum ada jalan atau secercah harapan saya bisa menyelesaikan. Dalam hati saya, tetap saya akan menyelesaikan utang ini tetapi saya bingung.  Apakah masalah ini bisa selesai? Secara logika dari mana saya bisa mendapatkan uang sebanyak itu untuk membayar utang? Yang ada dipikiran saya saat ini, untuk bayar hutang dengan cara menjual ginjal saya. Dengan begitu bisa mendapatkan materi secara instan. Apa yang harus saya lakukan?
Secara prinsip, Allah akan melihat ikhtiar kita. Allah akan melihat, menilai usaha kita. Orang yang berhutang itu macam-macam. Pertama. ada orang yang berhutang dan benar-benar tidak bisa membayar, bukan karena tidak mau bayar tapi memang tidak ada sumber dana untuk membayarnya. Kedua, ada orang yang punya hutang, dia punya kemampuan untuk membayar tetapi malas untuk membayarnya. Ketiga, ada orang yang berikhtiar untuk membayar hutang dengan segala cara.

Dari tiga tipe tersebut, tentu yang buruk adalah orang yang berhutang dan dia tidak mau membayar padahal punya kemampuan untuk membayarnya. Orang-orang seperti ini yang di dalam hadits Rasul, dia tidak akan masuk surga karena ia masih terikat/tergantung oleh utang.

alquran muasir

[irp posts=”991" name=”Bagaimana Hukum Mendonorkan Organ Tubuh?”]

Di akhirat, akan ada orang yang mempunyai amal tapi dia tidak masuk surga karena masih terikat utang. Orang yang berutang yang bagaimana? Orang yang berutang yang dia mampu untuk membayar tetapi dia tidak mau membayarnya. Makanya, kalau kita punya utang dan punya dana untuk menyelesaikannya berjuanglah untuk menyelesaikannya. Apalagi kalau ada dananya, segera bayarkan supaya lunas sebelum kita mati.

Kalau dilihat dari pertanyaan, Anda bukan tipe orang yang melalaikan hutang tapi Anda termasuk orang yang berjuang ingin membayar utang bingung harus dari mana duit sebesar itu. Terbesitlah ide untuk menjual apa yang jadi milik Anda. Yang menjadi milik kita, bisa harta, bisa aset, termasuk anggota badan kita itu milik kita. Apakah boleh kita menjual salah satu ginjal kita untuk membayar hutang?

kalender

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment