Ini Manfaat Gerakan Salam Saat Mengakhiri Shalat

shalat

PERCIKANIMAN.ID – – Shalat adalah ibadah langsung kepada Allah Swt sebagai bentuk pengabdian seorang hamba dengan Sang Khaliq (habbluminallah). Namun selain ibadah dalam gerakan shalat juga mengandung hikmah untuk kesehatan. Saat mengakhiri salat, umat muslim menutupnya dengan gerakan salam. Tahukah Anda, manfaat dari gerakan ini sangat berpengaruh untuk mencegah penyakit yang menyerang kepala. Seperti dilansir islam.ru, belum lama ini  yang melaporkan para ahli kesehatan menerangkan bahwa setiap gerakan salat mempunyai manfaat masing-masing bagi kesehatan.

Diawali dengan berdiri sembari tangan bersedekap membaca Al-Fatihah, membungkukkan badan untuk melakukan rukuk, hingga duduk tahiyat sebelum mengakhiri salat. Sementara itu, saat kita melakukan gerakan shalat, pastinya melibatkan gerakan kepala ke kanan dan ke kiri.

alquran muasir

Menurut penjelasan para ahli kesehatan tersebut rupanya gerakan ini berguna sebagai terapi penyakit yang menyerang kepala, seperti pusing, leher kaku, atau nyeri kepala. Diketahui pula, gerakan salam yang dilakukan secara optimal dapat bermanfaat untuk menjaga fleksibilitas juga laris vena. Berkat kontraksi otot-otot di kepala dan energi panas, diperlukan untuk rehabilitasi jaringan otak yang rusak.

Dengan demikian berbahagialah bagi kaum muslim yang senantiasa mendirikan shalatnya dengan khusyuk dan tumaninah. Gerakan shalat yang dilakukan dengan menjaga adab dan dilakukan dengan segenap jiwa akan berpengaruh pada kesehatan lahir dan batin. [ ]

Red: admin

kalender

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment