Bolehkah Aqiqah dengan Kambing Betina?

ibu dan bayi

Pak Ustadz Aam yang saya hormati,  untuk keperluan aqiqah bolehkah kita menyembelih kambing betina?  Mohon penjelasannya. Terima kasih.

 

 

Secara prinsip, dalam ibadah-ibadah yang berkaitan dengan sedekah, binatang ternak yang jantan sering digunakan untuk ibadah. Seperti kurban, kita bisa menyembelih kambing, sapi atau unta.

alquran muasir

Seperti Dam yaitu ketika kita melakukan pelanggaran-pelanggaran ketika melaksanakan ibadah haji atau umrah itu semua seluruhnya yang dimaksud hadis-hadis mengatakan itu binatang jantan. Kenapa?

Sederhananya, satu kambing jantan bisa menghamili 100 kambing betina. Jadi, ketika kambing jantan ini banyak disembelih tidak jadi masalah untuk perkembangbiakannya. Namun, kalau yang disembelih itu betina nanti dikhawatirkan ada kepunahan. Stok yang ada akan berkurang karena yang betinanya akan habis.

Selama ada yang jantan harus yang jantan untuk aqiqah kecuali kalau sudah benar-benar tidak ada sama sekali yang jantan, maka boleh. Jadi, diajurkan untuk akikah dan ibadah yang terkait dengan binatang ternak menggunakan binatang ternak jantan.  Wallahu’alam..

kalender

[irp posts=”1434" name=”Bolehkah Meng-Aqiqah-kan Diri Sendiri ketika Sudah Dewasa?”]

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah