Malam Minggu Besok, Yuk Tonton Fenomena Menakjubkan di Langit  

galaksi

PERCIKANIMAN.ID – Ada peristiwa langka yang patut disaksikan pada Sabtu 6 Agustus 2016 atau malam minggu nanti. Pada malam itu, ada fenomena ratusan miliar bintang yang dapat disaksikan di langit.

Ahli astronomi dan astrofisika sekaligus Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin melalui akun Facebooknya mengajak masyarakat menikmati pemandangan langit yang luar biasa dalam kampanye bertajuk “Malam Langit Gelap”.

alquran muasir

Kegiatan ini bertujuan untuk menyelamat kegelapan malam dari polusi cahaya dengan cara mematikan penerangan luar ruangan termasuk lampu jalan mulai dari pukul 20.00 sampai 21.00, dan bersama-sama menyaksikan indahnya langit pada malam itu.

Ajakan tersebut bukan tanpa alasan, sebab selain pada malam itu Galaksi Bima Sakti dengan ratusan miliar bintang yang membentang dari utara ke selatan akan menampilkan fenomena istimewa. Tepat di hari itu merupakan hari yang ditetapkan sebagai Hari Keantariksaan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Dan yang tidak kalah penting, peristiwa ini terjadi di malam minggu. Kalau kita berhasil meminimalisasi polusi cahaya selama satu jam, kita bisa melihat Galaksi Bima Saksi dengan ratusan milyar bintang membentang dari Utara ke Selatan.

kalender

[irp posts=”6380" name=”Ba’da Subuh Nanti, Yuk Lihat 5 Planet Sejajar di Langit”]

Kita bisa melihat rasi Angsa (Cygnus) di langit Utara dengan Segitiga Musim Panas (Summer Triangle), tiga bintang terang di sekitar rasi Angsa: Vega, Deneb, dan Altair. Di langit Selatan kita melihat rasi Layang-layang atau Salib Selatan (Crux) yang sering digunakan sebagai penunjuk arah Selatan.

“Hampir di atas kepala kita saksikan rasi Kalajengking (Scorpio) dengan bintang terang Antares,” tulis Thomas seperti dikutip dari akun Facebooknya.

Mematikan lampu luar selama satu jam, juga sekaligus mengkampanyekan hemat energi seperti Earth Hour. Pada Sabtu malam, 6 Agustus 2016, saat malam tanpa bulan, kita juga bisa menyaksikan planet merah Mars dan planet bercincin Saturnus besanding dengan bintang raksasa merah Antares.

Sumber : radarbanyumas

[i[irp posts=”4286" name=”Bintang, Ciptaan Allah yang Menakjubkan (Tafsir Ath-Thariq Ayat 1-3)”]p>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment