Agar Bayi Lahir dengan Otak Cerdas, Lakukan Kebiasaan Baik Ini Saat Hamil

baca-al-quran-600x330

Menjaga asupan dan nutrisi selama masa mengandung merupakan kewajiban para ibu hamil. Selain itu, ibu hamil juga harus segera meninggalkan kebiasaan buruk dan beralih memulai kebiasaan baru yang positif.

Seperti dilansir Motherandbaby berikut tiga kebiasaan ibu hamil yang bisa merangsang pembentukan otak janin agar terlahir cerdas dan tumbuh dengan intelektualitas yang tinggi:

alquran muasir
  1. Baca buku sebelum tidur

Menurut Dr Miriam Stoppard, Pakar Pola Asuh Anak, semenjak semester ketiga, ibu hamil harus membiasakan membacakan janin buku dongeng sebagai latihan awal kemampuan bicara.

Pasalnya, janin di semester ketiga kandungan sudah bisa menyimpan memori dari bunyi yang biasa dia dengar di lingkungan sekitarnya.

“Peneliti dari AS meminta responden ibu hamil untuk membacakan buku cerita anak berulang-ulang kala bayi masih dalam kandungan. Lalu, saat bayi lahir, bayi pun mengingat suara ibu dalam membacakan cerita. Ini bisa mempercepat kemampuan bicara,” jelas Dr Stoppard.

kalender
  1. Tetap aktif

Anda merasa bersemangat dan bahagia usai berolahraga? Bayi Anda pun menyukai energi positif tersebut. Hormon yang tercipta selama latihan dibawa oleh plasenta sehingga bayi pun “tersirami” kimiawi bahagia selama delapan jam. Sering olahraga, menurut studi terbaru, bisa meningkatkan 40 persen perkembangan otak bayi, terutama di bagian otak yang bekerja saat belajar dan menghapal.

  1. Bermain atau mendengarkan musik

Memainkan musik klasik telah menjadi teori yang paling umum dan banyak diterapkan oleh ibu hamil.

“Janin menyukai musik, apapun genrenya. Sebab, musik memicu hormon bahagia terus aktif, salah satunya adalah serotonin yang membuat bayi lebih tenang dan bahagia,” jelas Dr Stappord.

Rasa bahagia saat mendengarkan musik, kata Dr Stappord, akan terus diingat bayi setelah lahir ke dunia. Jadi, ketika bayi mendengar musik, memorinya akan membawa kembali masa bahagia menikmati musik dalam kandungan.

Suara dan bacaan Al-Qur’an cerdaskan bayi

Jika musik dan segala bunyian yang dihasilkan dari kreasi manusia diyakini mampu mencerdaskan bayi lalu bagai mana dengan suara dan bacaan Al-Qur’an?. Salah satu mukjizat bacaan Al-Qur’an adalah akan membuat tenang bagi yang mendengarkannya. Demikian juga dengan manfaat membacakan atau mendengarkan lantunan Al-Qur’an kepada bayi atau janin yang masih dalam kandungan. Beberapa penelitian juga membuktikan hal tersebut. Suara atau bacaan Al-Qur’an yang diperdengarkan kepada bayi akan membuat otaknya terstimulus secara positif.

Bacaan Al-Qur’an akan memberikan pengaruh besar jika diperdengarkan kepada bayi. Hal tersebut diungkapkan Dr. Nurhayati dari Malaysia dalam Seminar Konseling dan Psikoterapi Islam di Malaysia pada tahun 1997. Menurut penelitiannya, bayi yang berusia 48 jam yang kepadanya diperdengarkan ayat-ayat Al-Qur’an dari tape recorder menunjukkan respons tersenyum dan menjadi lebih tenang.

Beberapa ahli juga menyatakan pendapatnya bahwa bayi yang sering diperdengarkan Al-Qur’an ketika dalam kandungan akan lebih cepat hafal Al-Qur’an setelah lahir kedunia. Memori suara Al-Qur’an yang sudah terekam dalam otaknya akan segera merespon ulang ketika ia dibacakan Al-Qur’an. [ ]

Red: admin

Editor: iman

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment