PP Jaminan Produk Halal Segera Terbit

logo produk halal

PERCIKANIMAN.ID – Peraturan Pemerintah (PP) terkait Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2016 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) akan diterbitkan dalam waktu dekat. Aturan ini kabarnya telah dibahas oleh lintas kementerian.

“Sudah dibahas dengan sejumlah kementerian dipimpin Setkab, mudah-mudahan segera. Sudah di Setkab kok,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Jakarta seperti dilansir Antara, (1/8/2016).

alquran muasir

Atas nama pemerintah, Rudiantara meminta maaf atas tertundanya penerbitan PP ini.  Menurut UU JPH, PP harus diterbitkan paling lambat dua tahun setelah diundangkan. Sedangkan UU JPH sudah ditetapkan sejak 17 Oktober 2014.

Ia juga menekankan jika dalam peta jalan e-commerce tidak secara spesifik merujuk kepada produk halal. Namun, hal itu bisa menjadi catatan pemerintah.

“Apalagi pertumbuhan e-commerce Indonesia sangat luar biasa, ditambah pemerintah memiliki proyeksi pada 2020 target e-commerce Indonesia bisa mencapai 130 miliar dolar AS,” tambah Rudiantara.

kalender

Potensi e-commerce produk halal untuk pasar domestik Tanah Air menurutnya sangat besar. Oleh sebab itu, Rudiantara menyarankan industri halal fokus ke pasar domestik dulu.

“Ekspor boleh, tetapi jangan dilupakan pasar dalam negeri,” ujarnya.

Sektor ekonomi syariah yang berpotensi besar dikembangkan di Indonesia, menurut dia adalah travel dan logistik.

Pemerintah akan fokus menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia. Peluang pasar halal sangat besar mengingat pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya pendapatan per kapita telah mendorong permintaan produk halal.

[irp posts=”5523" name=”Ini Alasan MUI Tak Berikan Label Halal Produk Tasyabbuh””]

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment