Selain Kejujuran Ortu Juga Perlu Ajarkan Keterbukaan Pada Anak Sejak Dini

274

Pepatah menyebutkan bahwa kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana-dimana. Rasanya semua orang setuju jika kejujuran adalah salah satu sikap mulia yang layak dihargai. Untuk itu nilai kejujuran ini harus ditanamkan orangtua kepada anak-anaknya sedini mungkin. Dengan demikian diharapkan mereka akan menjadi pribadi yang mulia dan mendapat apresiasi dari orang lain.

Namun selain kejujuran orangtua juga perlu mengajakan sikap keterbukaan kepada putra putrinya . Sikap keterbukaan inilah salah satu faktor yang turut membantu seorang anak untuk jujur. Saat anak sudah memasuki usia sekolah maka sikap keterbukaan ini sangat diperlukan sekali. Dengan adanya sikap terbuka atas apa yang anak rasakan, lihat dann terima dari orang lain akan menjadi alat kontrol orangtua.

alquran muasir

Sebagai contoh hingga saat ini beberapa kasus kekerasan pada anak sering kali terjadi. Mirisnya kasus kekerasan ini tak hanya berasal dari lingkungan luar saja, dari dalam rumah pun mereka juga bisa mengalami kekerasan. Bahkan dalam beberapa kasus kekerarasan telah berlangsung yang cukup lama hingga hitungan tahun baru terungkap. Sikap takut dan enggan berkisah atas apa yang anak alami dan rasakan membuatnya memilih untuk diam menyimpan “rahasia”.

Sikap terbuka juga penting diajarkan kepada anak bukan hanya apa yang mereka alami dan rasakan tetapi juga untuk mengetahui apa yang teman mereka ceritakan kepadanya. Terkadang beberapa anak lebih terbuka kepada teman-temannya ketimbang orangtuanya. Namun keterbukaan kepada temennya jika dianggap “rahasia” maka ada permintaan untuk tidak menceritakan kepada orang lain.

Salah satu menumbuhkan dan membiasakan sikap terbuka kepada anak adalah dengan cara melibatkan mereka dengan meminta pendapat dalam rencana keluarga yang hendak dilakukan. Dengan cara ini setidaknya anak merasa dihargai atau bicaranya didengar oleh orang yang lebih dewasa. Belajar mengemukan pendapat adalah belajar berani menyampaikan kejujuran dengan terbuka.

kalender

Selain itu dialog dengan anak juga akan membangun dan menumbuhkan sikap terbuka. Usai anak-anak diajak jalan-jalan atau bepergian mereka biasanya akan menceritakan tentang apa yang dialaminya. Sesekali orangtua perlu juga menggali akan apa yang telah mereka lakukan hari ini atau kemarin. Pujilah jika ia melakukan tindakan yang mulia serta berilah sedikit teguran yang tidak menyinggung perasaanya jika tindakannya tidak terpuji.

Dengan memiliki dua sifat mulia yakni jujur dan terbuka maka setidak mereka telah memiliki pondasi yang kuat untuk meraih kesuksesan di masa depannya. Seseorang tidak mungkin meraih keberhasilan dengan cara mempunyai etos kerja yang tinggi kalau tidak memiliki sikap terbuka dan jujur. Sebab orang yang tidak terbuka maka akan cenderung menutup diri sehingga tidak dapat bekerjasama dengan orang lain. Apalagi kalau tidak jujur maka energinya akan tersita untuk menutupi ketidakjujuran yang dilakukan. Dalam Al-qur’an dan Hadis memberi apresiasi yang tinggi tehadap orang yang terbuka dan jujur.

Buah dari keterbukaan seseorang maka akan melahirkan sikap adil. Makna yang diperkenalkan Al-qur’an buka hanya dalam aspek hukum melainkan dalam spektrum yang luas. Dari segi kepada siapa  sikap adil itu harus ditujukan, Al-Qur’an memberi petunjuk bahwa sikap adil disamping kepada Allah SWT dan orang lain atau sesama makhluk juga kepada diri sendiri. Sementara sikap terbuka lebih ditunjukan kepada ajak untuk berbuat baik dan menjauhi kemunkaran (dakwah) baik dengan sikap maupun lisan.  [ ]

 

Red: ahmad

Editor: iman

Ilustrasi foto: norman

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment