Gus Mus: Belajar Agama Jangan Andalkan Google, Bisa Sesat !

Mustofa Bisri

TEMANGGUNG, PERCIKANIMAN.ID – Kemajuan teknologi dan informasi membuat sebagian besar manusia mendapatkan manfaatnya.  Namun di balik manfaatnya tentu ada pula sisi negatifnya.

Salah satu yang fenomenal adalah penggunaan mesin pencari (search engine) di internet seperti Google.   Melalui Google, hampir seluruh informasi mengenai hal apapun dapat dengan mudah kita dapatkan, termasuk informasi mengenai keagamaan, khususnya kajian Al Quran dan hadits.

alquran muasir

Walau begitu, informasi yang berasal dari internet ini belum tentu 100 persen dapat dipastikan kebenarannya. Dengan begitu,  kita tidak dapat menggantungkan sepenuhnya informasi di  dunia maya ini sebagai sarana belajar agama Islam.

Himbauan untuk tidak menggunakan sepenuhnya internet sebagai media pembelajaran Islam ditegaskan oleh KH A Mustofa Bisri (Gus Mus).  Seperti dilansir laman resmi Nahdlatul Ulama Online, ia menyarankan untuk tidak membiasakan diri tergantung kepada teknologi internet khususnya penggunaan mesin pencari seperti Google. Ia meminta kepada umat muslim untuk belajar ilmu agama dengan guru yang jelas, seperti halnya belajar atau mengaji di pondok pesantren.

“Di pesantren ada kiai atau ustadz yang mempunyai pengetahuan agama yang cukup serta punya rujukan yang jelas; bersandar Al-Qur’an dan Hadits. Jangan sampai belajar agama hanya mengandalkan google, nanti bisa menyesatkan,” ucap pengasuh Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh Rembang itu.

kalender

Ia menyampaikan hal itu pada acara halal bihalal Persatuan Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Kaffah (P4SK) di halaman Pondok Pesantren Arrobany Darunnaim Lungge Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (30/7) malam kemarin.

Gus Mus juga mengaku prihatin, belakangan ini banyak orang tidak punya pengetahuan agama yang bagus, hanya bermodal berselancar google, lalu ceramah kemana-kemana.

“Kalau tidak kita antisipasi, hal demikan itu, bisa sesat-menyesatkan,” ujar Mustasyar PBNU itu.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment