Berdoa Itu Kebutuhan Pokok, Ini 4 Alasannya

berdoa

Doa memiliki saham yang sangat besar untuk mengurangi beban kehidupan. Karena itu, Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a. pernah berwasiat, “Tahanlah badai ujian dengan doa.”

Pernyataan ini dibuktikan dengan sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa doa terbukti mampu menurunkan tingkat stres seseorang.

alquran muasir

Doa menduduki peranan penting dalam ajaran Islam. Dalam buku Doa Orang-orang Sukses karya Ustadz Dr. Aam Amiruddin, M.Si,  paling tidak ada empat peranan doa dalam kehidupan, yaitu:

1. Allah Swt. sangat mencintai orang-orang yang rajin berdoa. 

“Mintalah anugerah kepada Allah. Sesungguhnya Allah senang untuk diminta.”(H.R. Tirmidzi). Dan Allah Swt. sangat murka kepada orang-orang yang tidak pernah berdoa, “Barangsiapa yang tidak berdoa kepada Allah, maka Allah murka kepadanya.” (H.R. Tirmidzi)

kalender

2. Doa merupakan ekspresi kerendahan hati seorang hamba di hadapan Tuhannya.

Kalau kita rajin berdoa, berarti kita merasa butuh pada pertolongan Allah Swt. Sementara kalau kita tidak pernah berdoa, berarti kita angkuh, seolah-olah seluruh persoalan hidup bisa diselesaikan tanpa kekuatan dan pertolongan-Nya.

“Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan doamu. Sesungguhnya, orang-orang sombong yang tidak mau menyembah-Ku akan masuk Jahanam dalam keadaan terhina.’” (Q.S. Gāfir [40]: 60).

Yang dimaksud, “menyembah” pada ayat ini adalah “berdoa”. Artinya, siapa yang angkuh tidak mau berdoa, akan masuk Jahanam.

3. Doa merupakan ekspresi kedekatan seorang hamba dengan Tuhannya.

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment