Makan 5 Kali Sehari Itu Lebih Sehat, Begini Caranya

272

Oleh: Muhammad Isman*

Pernahkah Anda merasa lapar pada jam 10.00 pagi, padahal jam 07.00 pagi sudah sarapan? Atau rasa lapar kembali datang jam 15.00 sore, padahal jam 12.00 siang Anda sudah makan cukup.

alquran muasir

Ternyata kondisi seperti itu adalah hal yang lumrah, karena proses pencernaan makanan di dalam lambung hanya berlangsung 3 jam saja. Setelah itu diteruskan ke usus untuk tahap penyerapan. Saat makanan di lambung mulai berkurang, maka rasa lapar pun datang sebagai sinyal.

Jika Anda makan setiap 3 jam sekali, berarti dalam sehari Anda makan lebih dari 3 kali, tepatnya 5 sampai 6 kali sehari dengan porsi kecil atau setengahnya dari porsi biasa. Pola makan seperti ini merupakan pola makan yang  diisyaratkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. melalui haditsnya, “Makanlah ketika lapar, dan berhenti sebelum kenyang”. Ketika secara alami merasa lapar, makanlah, karena tubuh memang memerlukannya. Tapi pastikan sudah berhenti sebelum merasa kenyang.

Pola makan seperti ini juga sering dianjurkan oleh dokter untuk penderita sakit maag, karena dapat mengurangi kadar asam di dalam lambung ketika perut kosong, sehingga lambung penderita sakit maag terhindar dari iritasi.

kalender

Selain itu dengan menerapkan pola makan seperti  ini asupan  energi untuk tubuh menjadi terjaga. Bahkan Arnav Sarkar, seorang ahli diet dari India mengungkapkan bahwa pola makan tersebut merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

Cara memulai atau membiasakan pola makan tersebut sangatlah mudah. Jika Anda biasa sarapan sepiring nasi kuning atau semangkuk bubur ayam pada jam pada 07.00 pagi, maka kali ini Anda cukup makan setengah porsi saja. Sisanya disimpan atau dibekal untuk selanjutnya dimakan pada jam 10.00 pagi. Demikian juga saat Anda makan siang, sisakan setengah porsi untuk dimakan jam 15.00 atau jam 16.00 sore.

Bagaimana dengan makan malam? Anda dapat melakukan hal yang sama jika pada malam hari Anda masih sibuk beraktivitas. Tapi jika tidak, Anda cukup makan setengah porsi saja pada jam 19.00 malam.

Namun harap diingat, langkah tersebut barulah melatih kebiasaan porsi makan dan waktunya saja. Selanjutnya Anda perlu memvariasikan jenis makanan sehingga tubuh lebih kaya nutrisi. Apalagi jika makanan yang Anda pilih adalah makanan–makanan sehat.

Contoh variasi menu 5 kali makan:

  1. Pukul: 07.00 ½ porsi nasi kuning
  2. Pukul: 10.00 1 atau 2 iris roti gandum + selai kacang
  3. Pukul: 13.00 ½ porsi nasi rames atau nasi padang
  4. Pukul: 16.00 1 porsi buah
  5. Pukul: 19.00 ½ porsi nasi + ayam goreng + sayur

Catatan: ukuran ½ porsi diambil dari porsi biasa Anda makan.

Lakukan kebiasaan ini secara rutin dan teratur, lalu rasakan perubahan apa yang terjadi pada vitalitas Anda. Anda juga dapat mengukur berat badan sebelum dan sesudah mencoba teknik ini selama beberapa hari. Selamat mencoba! [ ]

 

*Penulis adalah trainer, konsultan kebugaran dan diet sehat.

Muhammad Isman

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

Bagi pembaca yang  punya hobi menulis dan ingin dimuat di www.percikaniman.id bisa mengirimkan tulisannya  ke email: redaksi@percikaniman.id atau: mapionline2015@gmail.com  . Jadilah pejuang dakwah melalui tulisan-tulisan yang inspiratif,motivatif dan edukatif serta penyebar amal saleh bagi banyak orang. Bergabunglah bersama ribuan pembaca dalam menebar kebaikan.

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment