Cara Zikir Setelah Shalat

dzikir

Ustadz, saya mau bertanya, bagaimana cara zikir ba’da shalat yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw.? Mohon penjelasannya.  terima kasih

 

Zikir yang dilakukan Rasulullah Saw. setiap ba’da shalat adalah Pertama, membaca istighfar, memohon ampun (Astaghfirullahal‘azhim) sebanyak tiga kali.

alquran muasir

Kemudian membaca “Allahumma antassalam  waminkassalam tabarakta ya dzaljalali wal ikram.” ( H.R. Muslim). Kemudian membaca tasbih: Subhanallah 33x; tahmid: Alhamdulillah 33x; dan takbir: Allahu Akbar 33x.

Dilanjutkan dengan membaca, “Laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalah lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qadir.

Artinya, “Tidak ada Tuhan kecuali Allah yang Esa, tiada sekutu bagiNya. Bagi-Nya pula segala puji, Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

kalender

Abu Hurairah r.a berkata, Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Siapa yang tasbih tiga puluh tiga kali, tahmid tiga puluh tiga kali, takbir tiga puluh tiga kali, jadi jumlahnya sembilan puluh sembilan kali, kemudian dicukupkannya seratus kali dengan membaca laa ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalah lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syain qodir, maka diampuni Allah segala kesalahannya walaupun sebanyak buih di lautan.”

Setelah zikir seperti yang dicontohkan Rasulullah Saw. di atas, kemudian berdoa masing-masing (secara individual) sesuai dengan keinginan dan harapan masing-masing dengan suara lembut, penuh kekhusyuan, dan husnuzhan (prasangka baik) bahwa Allah akan mengabulkan segala permintaan kita yang menurut ilmu Allah akan menjadi kebaikan.

Tak ada satu hadis pun yang menjelaskan bahwa Rasulullah Saw. memimpin zikir dan doa setelah shalat wajib. Wallahu ‘Alam.

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email aam@percikaniman.org atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment