Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Forum Ekonomi Islam Tingkat Dunia ke-12

270

Dalam waktu dekat Indonesia akan menjadi tuan rumah Forum Ekonomi Islam Tingkat Dunia ke-12. Forum ini akan diselenggarakan pada 2-4 Agustus 2016  mendatang yang akan mengambil tempat di Convention Center (JCC), Jakarta. Rencananya forum World Islamic Economic Forum (WIEF) ke-12 yang akan dihadiri praktisi dan pakar ekonomi Islam dari berbagai Negara ini akan langsung dibuka oleh  Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kehadiran Presiden menunjukkan komitmen Indonesia dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah,” ujar Andin Hadiyanto, Staf Ahli Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Bidang Makroekonomi dan Keuangan Indonesia dalam press briefing di Gedung Djuanda Kemenkeu, seperti dilaporkan CCN Indonesia, Kamis (28/7/2016).

alquran muasir

Selain Presiden Jokowi, enam kepala negara maupun setingkat kepala negara juga dipastikan ikut menghadiri upacara pembukaan tersebut, antara lain Perdana Menteri Malaysia Dato’ Sri Najib Tun Abdul Razak, Presiden Republik Tajikistan Emomali Rahmon, Presiden Republik Guinea Alpha Conde, Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Shriyan Wickremenshinghe, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Perdagangan Kerajaan Yordania Jawad Al Anani, serta Presiden Bank Pembangunan Islam (IDB) Ahmad Mohamed Ali.

Pembukaan forum juga akan dihadiri oleh 11 pejabat tinggi negara sahabat, di antaranya Menteri Perindustrian dan Pertambangan Republik Aljazair Abdesselem Bouchouareb, Menteri Hubungan dan Kerjasama Internasional Afrika Selatan Maite Nkoana Mashabane, Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Haji Aman, dan Wakil Menteri Perdagangan Thailand Winichai Chaemchaeng.

Dengan mengangkat tema ‘Mendesentralisasikan Pertumbuhan, Memberdayakan Bisnis di Masa Depan’, forum ini bertujuan untuk mempromosikan peran ekonomi Islam dalam mendorong perekonomian global. Sebanyak 2.500 delegasi dari 69 negara dan 152 undangan, termasuk para pemimpin dunia, 51 pembicara forum, 55 pembicara program pelengkap, dan 16 pelaku pertukaran bisnis akan menghadiri WIEF ke-12.

kalender

Diharapkan, forum ini bisa menjadi jembatan bagi peserta untuk memperluas jaringan dan membuka peluang kerja sama bisnis di dunia Islam. Khusus untuk Indonesia, Andin mengatakan akan mengusung mode busana muslim dan mempromosikan wisata syariah.

“Indonesia ingin menjadi kiblat fashion syariah di dunia seperti Perancis yang menjadi kiblat fashion dunia,” ujarnya.

Sebagai informasi, WIEF berawal dari Forum Bisnis Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang diselenggarakan bersamaan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) OKI ke-10 pada 15 Oktober 2003 silam. Selang dua tahun, WIEF resmi diselenggarakan untuk pertama kalinya di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 2005.

Sejak saat itu, WIEF menjadi forum rutin tahunan yang telah diselenggarakan di berbagai negara antarai lain Islamabad, Pakistan (2006), Kuwait City, Kuwait (2008), Jakarta, Indonesia (2009), Astana, Kazakhstan (2011), London, Inggris (2013), Dubai, Uni Emirat Arab (2014). Jika tidak ada aral melintang, tahun depan, forum yang membahas peluang kemitraan bisnis di dunia muslim ini akan diselenggarakan di Seoul, Korea. [ ]

Red: admin

Editor: iman

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment