MTQ Nasional Di Mataram Akan Pecahkan Rekor MURI

268

Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVI di Mataram, Nusa Tenggara Barat siap memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori semaan dan khataman Al-Quran oleh seribu penghafal.

“Kegiatan dipimpin langsung oleh Gubernur NTB yang juga seorang penghafal Al- Quran. Kegiatan ini akan dicatatkan dalam rekor MURI,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemprov NTB Wirajaya Kusuma, seperti dilaporkan Antara News, Rabu malam.

alquran muasir

MTQN sendiri rencananya akan dibuka langsung Presiden Joko Widodo pada Sabtu ,30 Juli 2016 itu juga akan memecahkan rekor MURI lainnya yaitu pembacaan Barzanji massal yang rencananya diikuti lima ribu peserta dari unsur aparatur sipil negara (ASN), pelajar, remaja masjid se-Kota Mataram dan santri putera pondok pesantren se-Lombok.

Pemecahan rekor semaan dan khataman akan dilaksanakan pada Rabu pagi hingga sore di depan pendopo Gubernur NTB. Sementara Barzanzi massal diselenggarakan pada Kamis (28/7) mulai pukul 15.30 waktu setempat dengan mengambil tempat di sepanjang jalan Langko dan Pejanggik Kota Mataram.

“Mereka akan mengenakan baju putih, kain sarung dan peci putih,” kata Wirajaya.

kalender

Sehari sebelum pembukaan yaitu Jumat (29/7), Kota Mataram juga akan dimeriahkan dengan pawai taaruf dan mobil hias.  Pawai diikuti masing-masing kafilah dari seluruh Indonesia serta para pelajar dan masyarakat sekitar. Wira memperkirakan 10 ribu orang akan ikut meramaikan pawai yang akan berlangsung pada pukul 14.00 waktu setempat di sepanjang jalan Langko dan Pejanggik Kota Mataram.

Menurut Direktur Penerangan Agama Islam Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam pada Kementerian Agama Muchtar Ali mengatakan, Musabaqah Tilawatil Quran Nasionl ke-26 di Mataram, Nusa Tenggara Barat, diikuti sedikitnya oleh 1.200 peserta dari 34 Provinsi di Indonesia. Sedangkan untuk penutup MTQN rencananya akan dilakukan oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla pada Ahad, 6 Agustus 2016. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: ntbprov.go.id

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment