Mana Lebih Utama, Shalat Berjamaah di Rumah atau di Masjid?

shalat

Pak Ustadz yang saya hormati, manakah yang lebih utama, apakah shalat berjamaah dengan keluarga di rumah atau shalat berjamaah di masjid ?  Terima  kasih atas jawabannya…

 

 

Kita sangat dianjurkan melakukan shalat wajib secara berjamaah, baik di rumah maupun di masjid. Rasulullah Saw. bersabda, “Shalat berjamaah itu lebih utama daripada shalat sendirian sebanyak dua puluh tujuh derajat.” ( H.R. Bukhari dan Muslim). Dalam hadis tersebut tidak disebutkan tempatnya, apakah di rumah atau di masjid. Yang penting berjamaah.

iklan donasi pustaka2

Shalat berjamaah di masjid memiliki sejumlah keutamaan,apa saja keutamaan tersebut?

Di antaranya: setiap langkah ke masjid akan menjadi penebus dosa, ada kesempatan shalat tahiyatul masjid, jeda waktu antara azan dan iqomat bisa diisi dengan dzikrullah agar mendapat barokah dan ampunan Allah, juga dapat bersilaturahmi dengan saudara-saudara sesama muslim.

Rasulullah Saw. bersabda, “Shalat secara berjamaah itu lebih utama dibanding dengan shalat di rumah atau di pasar sebanyak dua puluh lima kali lipat. Sebabnya, bila berwudlu dengan baik, lalu pergi ke masjid sedang kepergiannya itu tiada lain hanya untuk shalat semata, maka setiap langkah yang diayunkannya akan mengangkat kedudukannya satu derajat dan akan dihapuskan dosanya. Dan jika ia sedang shalat maka para malaikat memohonkan untuknya rahmat selama ia masih berada di masjid dan selama ia belum berhadas, kata mereka, ‘Ya Allah berilah rahmat orang ini, ya Allah cintai orang ini!’ Dan orang itu dianggap sebagai orang bershalat, semenjak ia mulai menantikannya.” ( H.R. Bukhari dan Muslim)

Karena shalat berjamaah lebih utama di masjid dibandingkan di rumah…

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 3,088 times, 7 visits today)

REKOMENDASI

2 Thoughts to “Mana Lebih Utama, Shalat Berjamaah di Rumah atau di Masjid?”

  1. Laman Percikaniman.id menyediakan jenis iklan untuk produk UKM berupa Native Ads. Iklan ini berupa teks singkat berisi merek produk, deskripsi singkat dan link ke website. Iklan ini cocok bagi Anda yang ingin menyebarluaskan produk, dengan dana yang terjangkau. Bahkan tersedia pilihan iklan harian, mingguan atau bulanan, silakan anda yang menentukan. Iklan harian mulai Rp 20.000 per hari. Info iklan : http://www.percikaniman.id/iklan

  2. terimakasih alhamdulillah dapat ilmu baru

Leave a Comment