Ikatan Janji Ruhiyah (Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 83-84) Bag 2

surga
FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerSilakan Share

Oleh :Dr. H. Aam Amiruddin, M.Si

“Dan ingatlah, ketika Kami mengambil janjimu, ‘Janganlah kamu membunuh orang dan mengusir saudara sebangsamu dari kampung halamanmu.’ Kemudian, kamu berjanji dan bersaksi.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 84)

***

 

Larangan pertama adalah membunuh sesama manusia. Menurut Al-Quran, membunuh satu orang sama dengan membunuh satu generasi. Terbunuhnya satu orang akan menghilangkan potensinya memiliki keturunan. Sebaliknya, jika dibiarkan hidup, orang yang bersangkutan akan berketurunan dan berlanjutlah satu generasi dalam garis keturunannya. Maka, membunuh itu dilarang dalam Al-Quran.

Kedua adalah larangan mengusir manusia, yaitu mengusir sesama umat manusia. Ternyata, Yahudi Bani Israil tidak pernah memenuhi janjinya dalam Taurat. Mereka mengusir orang-orang Palestina, padahal orang Palestina berhak menempati negerinya. Orang Palestina pun menjadi terusir dan akhirnya menjadi tamu di negerinya sendiri. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang harus hidup nomaden, menjadi imigran, atau hidup menderita di barak-barak pengungsian.

Tentu saja, pengusiran tidak harus dalam bentuk fisik dan dilakukan secara berkoloni. Sangat mungkin makna pengusiran berlaku pada satu seorang manakala dia tidak lagi mengindahkan hak-hak hidup orang lain sehingga orang tersebut merasa terpenjara dan jauh dari kenyamanan hidup. Na’udzubillah.

Karenanya, marilah kita segera mawas diri dan menyadari betapa detik-detik hidup yang kita jalani semestinya berada pada jalur yang telah disepakati dengan Sang Maha Pencipta, Allah Swt. yaitu Al-Quran dan sunah. Wallahu a’lam.

Leave a Comment