Hukum Jual Beli Mata Uang

dollar

Ustadz, di tengah gejolak perekonomian dunia , ada sebagian masyarakat yang memanfaatkan situasi dengan memperjualbelikan mata uang Dollar AS demi mencari keutungan.  Bagaimana sebenarnya hukum jual beli mata uang seperti Dollar dalam kaca mata Islam.  Terima kasih atas jawabanya.

 

Kalau yang Anda maksud dengan jual beli dollar adalah seperti money changer yang jelas aktivitasnya dan riil uangnya, maka hal itu dapat dikelompokkan dalam usaha yang halal. Ini sama saja dengan transaksi jual beli lainnya, di mana penjual mengambil untung dari selisih modal dan harga jual barang.

alquran muasir

Akan tetapi, jika jual beli dollar yang Anda maksud adalah dengan membuka account, kemudian Anda nongkrong di depan Internet untuk mengamati naik turunnya posisi dollar, hal tersebut ada yang mengatakan haram dan ada pula yang menyatakan subhat (posisinya meragukan). Beberapa ulama ada yang mensinyalir praktik semacam ini sama dengan perjudian atau gambling.

Jadi, praktik jual beli dollar dengan memanfaatkan fluktuasi nilai tukar valuta tersebut minimal dikategorikan subhat dan maksimal dikategorikan haram.  Rasulullah saw. pernah bersabda, “Siapa yang meninggalkan yang subhat maka sungguh dia telah mensucikan diri dan agamanya.”  Wallahua a’lam.

*  Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email aam@percikaniman.org atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

kalender

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment